10 Kuliner khas Jawa Timur

Wisata kuliner khas Jawa Timur

Makanan khas dari Jawa timur itu banyak dan enak-enak lho. Tiap daerah yang ada di Jawa Timur pun mempunyai makanan yang berbeda-beda. Dan kamu tentu akan menemukan sensasi wisata kuliner di Jawa Timur yang mengesankan.

Misalnya kalau kita ke Lamongan ada soto khas yang menjadi makanan andalan. Dari pada penasaran, langsung kita lihat aja yuk apa aja makanan khas yang ada di Jawa Timur.

1. Soto Lamongan

Salah satu jenis soto yang menjadi khas kota Lamongan ini udah gampang kita jumpai di daerah lain. Ada yang bikin beda antara soto ini dengan soto yang lain lho.

Namanya koya, pada tau nggak koya itu apaan? Koya itu semacam bubuk gurih yang terbuat dari kerupuk udang sama bawang putih.

Kalau pengen tau rasanya soto lamongan, cari aja di kota kamu, atau kalau nggak ya main-main ke lamongan juga boleh kok.

2. Rawon

Udah pernah lihat makanan yang kuahnya coklat kehitam-hitaman nggak? Nah makanan yang namanya rawon ini warna kuahnya kayak gitu. Warna gelapnya didapat dari salah satu bahan yang bernama kluwek.

Kalau di Jawa Timur, rawon yang terkenal itu di daerah Pasuruan. Makanan berkuah nan menggoda ini biasanya dimakan dengan nasi, ada juga yang menambahkan bawang goreng dan kerupuk.

Rawon biasanya berisi tauge, sayuran hijau, telur dan juga daging sapi. Pengen nyobain makan rawon? Cari aja di daerah kamu tinggal, atau main lah ke Jawa Timur biar dapet rasa aslinya tuh.

3. Rujak Cingur

Kalau makan rujak kan biasanya irisan buah-buahan yang dikasih sambel gitu kan. Nah, kalau rujak cingur ini beda lho isinya. Cingur sendiri artinya adalah mulut, jadi rujak mulut sapi, hiiiii. Bahan yang ada di dalam rujak ini adalah cingur dan juga sayuran serta pelengkap lainnya.

Tapi, yang bikin rasanya enak itu bumbu yang digunakan. Bumbunya terdiri dari petis, gula merah, cabe dan juga kacang tanah yang sudah digoreng. Nah, kesemua bumbu tadi diulek dan diencerkan dengan sedikit air. Rasanya sungguh mantab, apalagi kalau kamu makannya di Jawa Timur.

4. Lontong Balap

Makanan yang satu ini bukan perlombaan ataupun kompetisi ya. Ini murni sebuah makanan yang menjadi salah satu khasnya Jawa Timur, namanya lontong balap.

Nah, lontong balap ini terdiri dari berbagai macam bahan, ada lontong, tauge, tahu goreng, lenthok, kecap, bawang goreng dan pelengkapnya sambal. Terus disiram dengan kuah yang rasanya segar dan mantab.

Makanan yang satu ini udah ada dari jaman dahulu, sebelum negara api menyerang lho. Jualannya dipikul gitu, dibawa keliling kota bersama peralatannya. Tapi sekarang jualannya udah pada punya kios sendiri, jadi nggak perlu mikul berat-berat lagi. Cobain deh makanan legendaris ini, pasti bakal kenyang tuh.

5. Gado – gado

Gado-gado merupakan makanan khas Jawa Timur yang sudah terkenal akan kelezatannya. Bukan cuma orang Indonesia aja lho yang suka sama makanan ini, orang luar negeri pun juga suka sama gado-gado.

Makanan ini terbilang cukup sehat, bahannya aja terdiri dari sayuran rebus, tahu, tempe, telur, kentang dan kadang ditambahi ketupat. Terus di atasnya disiram saus kacang yang bikin rasanya makin mantab. Kalau kamu mau nyobain, mungkin di kota Kamu udah ada nih makanan semacam salad ini.

6. Tahu Tek

Makanan yang satu ini bahan dasarnya adalah tahu, ya udah jelas juga sih kalau dilihat dari namanya. Tahu tek ini tahunya digoreng setengah matang kemudian ditambahi bahan lain seperti potongan lontong, tauge, kentang goreng dan timun.

Nah, setelah itu disiramlah dengan bumbu yang terbuat dari kacang tanah goreng dan petis yang sudah dihaluskan. Cobain aja deh rasanya, biar kamu nggak penasaran lho.

7. Sego Pecel

Makanan Enak Khas Jawa Timur yang satu ini sudah tidak diragukan lagi rasanya. Banyak sekali yang menyukai makanan ini . Di Jawa Timur sendiri makanan ini terbagi atas beberapa pecel khas daerah. Seperti pecel khas Malang ada juga pecel khas Kediri ada pecel khas Jember.

Makanan ini sangat populer karena bahan makanan yang mudah ditemukan juga selain itu rasa yang nikmat dari pecel sendiri.

8. Bakso Malang

Buat kamu penggemar bakso, salah satu makanan khas Jawa Timur juga bakso lho, tepatnya di Kota Malang. Di sana ada bakso yang sangat terkenal dan dinamai sesuai nama kotanya, bakso Malang.

Berbeda dari bakso biasa, bakso Malang memiliki berbagai macam jenis bakso. Ada bakso biasa, bakso telor, bakso urat, bakso udang, bakso goreng dan bisa juga kamu menambahkan dengan pangsit kering atau basah, siomay, ati, ampela, tahu, mie, dan lontong.

Pokoknya komplit banget deh bakso Malang ini, kamu bahkan bisa tuh pesan semua jenis bakso ke dalam mangkokmu. Mungkin mangkoknya yang nggak muat kalau kamu memesan semuanya di dalam satu mangkok saja.

9. Sego Krawu

Kamu tahu kan daerah di Jawa Timur yang terkenal dengan semennya, yup bener banget, Gresik namanya. Nah, di tempat ini ternyata ada makanan khas yang enak lho, nasi krawu.

Buat kamu yang berkunjung ke kota ini, sangat direkomendasikan buat nyicipin deh. Soalnya, nasi krawu ini enak banget, dibuat dari bermacam bahan, ada daging sapi, jeroan sapi, serundeng, dan sambal trasi.

Nasi krawu juga memiliki ciri khas dalam penyajiannya, yaitu dengan menggunakan daun pisang sebagai alasnya.

10. Lodo Ayam

Kalau kamu mengunjungi Tulungagung, sempatkanlah mencicipi salah satu makanan khas yang ada di sana, lodho ayam. Makanan khas dengan bahan dasar ayam yang dimasak menggunakan bumbu dan resep turun temurun memiliki rasa lezat tentunya.

Lodho ayam ini memiliki dua jenis masakan, yang pertama adalah lodho dengan kuah encer, yang kedua yaitu lodho kuah kental. Semua sama enaknya, apalagi jika dimakan dengan menggunakan nasi panas atau tiwul.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s