4 Tempat Wisata Banten

Tempat Wisata Banten


1. Banten Lama

Daerah Banten dulunya merupakan bagian dari wilayah Kesultanan Banten yang tidak lain adalah salah satu kerajaan Islam di Indonesia yang sangat tersohor dan menjadi pusat penyebaran agama Islam di Pulau Jawa. Jejak-jejak peninggalan kerajaan ini masih bisa dijumpai hingga sekarang. Traveler cukup datang ke kawasan wisata Banten Lama.

Banten Lama adalah kompleks situs peninggalan sejarah sisa-sisa kejayaan kesultanan Banten di masa lampau. Kompleks ini terletak di kecamatan Kasemen, kota Serang. Di sana traveler akan menjumpai Keraton Kaibon, Keraton Surosowan, Masjid Agung Banten, Benteng Spellwijk, Museum Kepurbakalaan Banten, Vihara Avalokitesvara dan Danau Tasikardi. Tempat ini layak dikunjungi untuk mempelajari sejarah kerajaan Islam sekaligus berburu foto heritage.

2. Pantai Anyer

Pantai Anyer, salah satu pantai di Provinsi Banten yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Baik itu wisatawan lokal maupun mancanegara. Setiap minggunya pantai ini tidak henti-hentinya dikunjungi oleh para wisatawan lokal terutama dari Jakarta dan sekitarnya. Pantainya yang indah dengan pasir putih yang mempesona menjadikan pantai ini menjadi salah satu pantai favorit. Spot yang indah serta objek wisata yang beraneka ragam menjadikan pantai ini kian diminati oleh para keluarga ketika akhir pekan datang. Mengunjungi Pantai Anyer pastinya akan menjadi liburan atau trip yang menarik untuk Anda semua.

Pantai Anyer berlokasi di kecamatan Anyer, kabupaten Serang, provinsi Banten. Jadi sebenarnya nama Anyer itu diambil dari salah satu nama kecamatan di kabupaten Serang – Banten. Mengapa nama Anyer ini diambil menjadi nama sebuah pantai? karena memang kecamatan Anyer ini sebagian besar daerahnya ada di kawasan bibir pantai. Jika Anda mengunjungi Anyer, maka Anda akan menyusuri jalan raya dengan pemandangan di sebelah kanan jalan (dari arah Jakarta) adalah pantai dengan panorama yang indah. Karena sebagian besar daerahnya adalah pantai, maka disebutlah pantai yang ada di kecamatan Anyer ini adalah Pantai Anyer. Jadi, Pantai Anyer bukan hanya satu pantai saja. Tapi seluruh pantai-pantai yang ada di kecamatan Anyer disebut dengan Pantai Anyer.

3. Curug Gumawang

Berbicara mengenai wisata di Banten tentu tidak akan ada habisnya. Baik tempat yang sudah dikenal banyak orang atau pun tempat wisata yang keindahannya masih tersembunyi bak surga.

Banten menjadi sebagai salah pilihan wisata menarik karena air terjunnya. Banten memang banyak menyimpan air terjun cantik, salah satunya adalah air terjun atau curug Cigumawang.

Curug Cigumawang yang mempunyai ketinggian 40m yang terdapat di Kecamatan Padarincang, Kabupaten Serang, Provinsi Banten, memiliki keindahan alam dan panorama pegunungan yang dikelilingi oleh hutan tropis yang hijau dan alami dengan iklimnya yang sejuk.

Bagi Anda yang mempunyai kemah, wisata Curug Cigumawang ini bisa menjadi alternatif terbaik. Apalagi pihak Curug Cigumawang sendiri telah menyediakan lokasi untuk berkemah dan kegiatan alam seperti outbond.

4. Curug Putri

CURUG PUTRI Merupakan merupakan salah satu objek alam yang menarik yang berada di Desa Cilentung, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pandeglang, Curug dalam bahasa Indonesia yang memiliki arti Air Terjun. Terletak dikawasan Gunung Pulosari membuat lokasi curug ini berada ditempat ketinggian, sehingga untuk mencapainya memerlukan pendakian yang berliku dan stamina yang prima, namun dengan keindahan alam  pegunungan pulosari yang dikekelilingi oleh hamparan hutan tropis, pendakian tidak akan terasa melelahkan karena pengunjung akan disuguhi keindahan alam yang menakjubkan, serta sumber air terjun yang sangat dingin.

Wisata ini cocok bagi pengunjung yang mencintai lintas alam, fotografi, hiking, sepeda gunung bahkan untuk rekreasi. Untuk memacu adrenalin, perjalanan dapat diteruskan sekitar sepanjang 800 meter menuju Kawah Pulosari, selain wisata air terjun dan kawah di desa Cilentung terdapat pula objek potensial lainnya yaitu sumber air panas.

Lokasi ini dapat ditempuh sekitar 25 Km dari pusat Kota Pandeglang dengan rute Kota Pandeglang Mengger menuju Mandalawangi Cilentung Curug Putri

5. Pulau Lima

Sudah banyak traveler yang singgah ke Pulau Lima ini yang berada di teluk Banten, tepatnya di sisi Utara pelabuhan Karangantu. Untuk menuju kesana dari Terminal Pakupatan Kota Serang naik angkutan umum atau orang Serang menyebutnya Kopas jurusan Pasar Lama atau Pocis, lalu naik kembali angkot jurusan Pelabuhan Karangantu atau banten Lama namun sebaiknya pilih yang pertama ya. Kalau kalian rombongan banyak sekira sepuluhan orang bisa langsung carter saja angkot dari terminal beres deh.

Setelah sampai di Pelabuhan Karangantu, perjalanan kalian belum selesai karena masih harus menyebrang dengan perahu atau kapal nelayan setempat dengan tujuan Pulau Lima.

Butuh waktu sekira 15 Menit dari dermaga Karangantu ke pulau tersebut, begitu sampai akan terasa betapa enaknya mempunyai dan tinggal di pulau kecil dan sendirian (pengunjung tidak begitu banyak) dan dapat pula kita keliling menelusuri hutan pulau, deretan karang yang membentuk unik mengelilingi tepian pulau serta terdapat dua villa yang dapat disewa oleh pengunjung atau kalau mau bisa mendirikan tenda di pulau ini (tentu saja).

Saya sendiri cukup terkesan dengan hutannya, namun ada sedikit pemandangan tidak enak yakni sampah yang nyangkut diantara ranting semak di sekitar bibir pantainya membuat tidak sedap dipandang, namun itu di beberapa titik saja.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s