4 Tempat wisata di Surabaya

Tempat Wisata Daerah Surabaya

1. House of Sampoerna

Keunikan Museum House of Sampoerna Surabaya lebih dari sekedar museum karena bangunannya sendiri sudah memiliki nilai sejarah serta koleksi didalamnya juga.

 

Mengunjungi Museum House of Sampoerna Surabaya

Museum House of Sampoerna Surabaya berlokasi di daerah Jembatan Merah serta di kawasan ‘Kota Tua’ di Surabaya. Museum ini adalah salah satu destinasi wisata yang perlu dikunjungi. Tenang, walau nama museum ini identik dengan perusahaan rokok ternama, museum ini bukan berarti sebagai ajang promosi rokok. Museum ini, serta beberapa bangunan di kawasan Kota Tua ini memang terlihat artistik dengan desain ala Kolonialisme Belanda. Wajar jika museum ini juga memiliki desain yang unik bahkan sudah bisa dilihat dari mulai Anda menginjakkan kaki di depan gedung atau museum ini.

Mengenal Museum House of Sampoerna Surabaya

Nama Museum House of Sampoerna Surabaya dikenal juga sebagai Rumah Tua Sampoerna. Berlokasi di Jalan Taman Sampoerna No. 6, Krembangan, Pabean, Cantikan Surabaya, lokasinya memang tidak sulit untuk ditemukan. Bangunan museum ini sudah ada dari ratusan tahun lalu tepatnya didirikan pada tahun 1862. Awal mulanya, bangunan ini dimanfaatkan sebagai panti asuhan dibawah kendali Belanda. Setelah itu, salah satu dari anak yatim yang bernama Liem Seeng Tee kemudian membeli bangunan ini pada tahun 1932. Selanjutnya, bangunan ini digunakan untuk memproduksi rokok.

Tahun 2003, saat ulang tahun perusahaan rokok ini yang ke 90, kompleks ini dikembalikan dan berubah menjadi Museum House of Sampoerna Surabaya walau sebagian bangunan masih juga digunakan sebagai tempat produksi rokok bahkan untuk rokok yang paling bergengsi dengan nama Dji Sam Soe. Maka, wajar saja ketika Anda memasuki museum ini semerbak aroma cengkeh akan menyambut Anda.

Hal yang menarik dari Museum House of Sampoerna Surabaya selain memang desain artistiknya, bermacam barang koleksinya, juga tentang bagaimana cara pembuatan rokok dengan menggunakan cara dan peralatan yang masih tradisional. Anda dapat melihatnya secara langsung. Ada ribuan pekerja wanita dimana setiap jamnya diproduksi 325 batang rokok. Bisa dibayangkan setiap harinya berapa, atau setiap bulannya.

Memang, alasan kenapa Museum House of Sampoerna Surabaya dijadikan tempat wisata yang menarik di Surabaya adalah karena bangunannya yang memiliki nilai sejarah tinggi serta sebagai perusahan rokok dengan sistem produksi tradisional. Wajar jika aroma cengkeh atau rokok juga dapat dilihat dari mulai empat pilar di depan pintu bangungan yang berbentuk seperti rokok sampai dengan aroma khas cengkeh yang masih alami dan tidak bisa dilupakan.

Museum House of Sampoerna Surabaya terdiri dari empat sektor. Sektor pertama adalah auditorium utama, belakang auditorium ada bagian produksi da nada dua bangunan lain yang lebih kecil yang digunakan sebagai tempat tinggal keluarga. Tidak jauh dari sini, ada juga kafe, galeri seni serta kios. Auditorium pusatnya sendiri sekarang sudah dirubah menjadi museum. Sedangkan pabrik produksi rokok merk Dji Sam Soe masih bisa dilihat di belakang kompeks.

Untuk bisa melihat proses pembuatan rokok merk Dji Sam Soe, disarankan agar mengunjungi Museum House of Sampoerna Surabaya di hari biasa yakni Senin sampai Sabtu sebelum pukul 15.00 WIB. Selain itu, pengunjung juga bisa menaiki bis bernama Surabaya Heritage Track yang akan berkeliling kota Surabaya secara gratis. Jadwal bus sendiri dari pukul 09.00-10.00 WIB dan 13.00-1400 WIB serta sore pukul 15.00-16.00.

2. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam atau biasa disingkat dengan Monkasel, berlokasi di tepi Kali Mas, di pusat kota Surabaya. Lebih tepatnya di sebelah Plaza Surabaya yaitu berada di Jalan Pemuda No 39.

 

Monumen ini sebenarnya adalah kapal selam sungguhan yaitu KRI Pasopati 410, salah satu armada Angkatan Laut Republik Indonesia buatan Uni Soviet tahun 1952 dengan tipe Whiskey Class. Kapal ini pernah ikut berperan dalam Pertempuran Laut Aru tentang Irian Barat dengan Belanda.

Monumen Kapal Selam di resmikan tanggal 27 Juni 1998, untuk memperingati keberanian para pahlawan Indonesia, kemudian kapal ini di bawa ke darat. Namun untuk membawa kapal selam ke tengah kota Surabaya tidaklah mudah, kapal selam tersebut dipotong menjadi 16 bagian dan selanjutnya dibawa ke area Monumen Kapal Selam kemudian dirakit kembali dan di jadikan monumen.

Ada beberapa ruangan antara lain :

Ruang torpedo haluan yang di lengkapi dengan 4 peluncur torpedo

Ruang periskop yang juga berfunsi sebagai Pusat Informasi tempur

Ruang Tinggal Perwira

Ruang ABK (Anak Buah Kapal)

Ruang torpedo buritan

Ruang listrik

Ruang diesel

Di antara ruang di pisah dengan pintu kedap air, di dalam ruangan hawanya cukup panas. Saat melakukan operasi, para awak kapal selam ini harus mampu menahan suhu udara yang cukup panas di dalam kapal. Meski mendapat pasokan oksigen yang cukup, namun kapal ini tidak dilengkapi pendingin udara.

Tentu mengunjungi Monumen Kapal Selam atau Monkasel bisa menjadi wisata keluarga yang mendidik. Anda dan keluarga bisa lebih tahu tentang salah satu armada laut Indonesia yang kuat yaitu kapal selam.

Di Monumen Kapal Selam juga terdapat berbagai fasilitas, antara lain, kamu bisa menonton film di Video Rama yang menyajikan sejarah kapal selam di Indonesia, ataupun menikmati sajian musik di panggung terbuka pada hari sabtu dan minggu.

Terdapat tempat untuk pemutaran film yang menampilkan proses peperangan di Laut Aru. Sedangkan di pinggir Kali Mas yang juga masih di dalam area monumen kamu bisa berolahraga di jogging track yang disediakan selain itu terdapat pula kios makanan yang menyediakan berbagai macam masakan.

3. Kebun Binatang Surabaya

Kebun Binatang Surabaya merupakan salah satu tempat tujuan wisata yang paling populer di kota pahlawan Surabaya. Terletak ditengah kota membuat Kebun Binatang Surabaya (KBS) sangat mudah dijangkau dari berbagai akses transportasi di Surabaya. Selain untuk keperluan rekreasi, tempat wisata surabaya ini juga bisa menjadi sarana edukasi bagi pelajar. Memiliki koleksi berbagai macam hewan, Kebun Binatang Surabaya sempat menjadi Kebun Binatang terlengkap se-Asia Tenggara.

 

Kebun Binatang Surabaya mempunyai luas kurang lebih 15 Hektar ini, sedikitnya memiliki 351 spesies satwa yang berbeda, dengan lebih dari 2.500 hewan dari berbeda mulai dari mamalia, aves, pisces, dan reptil. Banyak sekali hewan-hewan yang biasa hidup dialam bebas delestarikan dan dilindungi disini. Tak heran jika Kebun Binatang Surabaya selalu ramai pengunjung, terutama pada hari libur atau hari-hari libur. KBS sangat cocok untuk dijadikan sarana edukasi dan Rekreasi Keluarga.

Kebun Binatang Surabaya beralamat di Jalan Setail Nomor 1, Surabaya, Jawa Timur. Ada banyak akses jalan untuk bisa sampai ke lokasi KBS ini.

4. Taman Bungkul

Berada di jalur protokol Surabaya, Jalan Raya Darmo, Taman Bungkul adalah kebanggaan masyarakat Surabaya dan jadi daya tarik wisatawan dalam dan luar negeri. Di taman ini terdapat arena bermain untuk anak-anak, jogging track, jalan berbatu untuk refleksi kaki, akses khusus bagi penyandang cacat, serta arena skateboard dan sepeda BMX. Tak ketinggalan, Taman Bungkul dilengkapi dengan Hot Spot Wi-Fi.

Dari situs resmi Pemerintah Kota Surabaya, Senin (12/5/2014) Taman Bungkul pernah menyabet penghargaan Asian Townscape Awards (ATA) alias penghargaan taman terbaik se-Asia dari PBB. Penghargaan itu diberikan di Fukuoka, Jepang pada November 2013 lalu.

 

Penilaiannya didasarkan atas fungsi sosial, rekreasi, pendidikan, dan budaya. Bahkan, Taman Bungkul menjadi satu-satunya taman di Indonesia yang pernah menyabet penghargaan tersebut.

Tak heran, Taman Bungkul menjadi salah satu incaran wisatawan saat datang ke Surabaya. Di taman inilah seluruh muda-mudi sampai orang tua berkumpul untuk berekreasi. Taman Bungkul pun jadi tempat kongkow favorit masyarakat Surabaya. Siapa yang tak betah berlama-lama bersantai di antara pepohonan rindang dan lengkap dengan sarana edukasi, olahraga dan internet gratis?

Taman Bungkul ternyata juga tempat wisata ziarah. Di sana ada makam Ki Supo atau yang dikenal dengan sebutan Sunan Bungkul. Dia adalah salah satu ulama Majapahit dan masih terhitung saudara ipar Raden Rahmad atau Sunan Ampel.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s