7 Wisata Pantai Jogja Gunung Kidul

Pantai – pantai daerah Jogja – Gungung Kidul yg fenomenal

1. Pantai Ngobaran

Pantai Ngobaran dikenal sebagai tempat ritual penganut agama dan kepercayaan tertentu. Di kawasan ini kamu dapat melihat tempat peribadatan seperti masjid yang berdiri berdampingan dengan pura yang menghadap ke laut, juga terdapat tempat ibadah aliran kepercayaan seperti kejawen dan kejawan yang merupakan aliran kepercayaan peninggalan Prabu Brawijaya V. Terdapat pula beberapa arca yang sering digunakan untuk tempat upacara keagamaan tertentu.

Nama Ngobaran berasal dari sejarah Prabu Brawijaya V yang merupakan raja terakhir Kerajaan Majapahit, yang bersamaan dengan itu Kerajaan Islam berkembang pesat dengan berdirinya kerajaan-kerajaan Islam di pesisir utara pulau Jawa pada pertengahan abad ke 15 M. Disini kamu akan merasakan suana alam yang unik dengan adanya arca dan pura seperti di Bali.

Di pantai Ngobaran dapat di temui bangunan Joglo tempat peribadatan aliran Kejawan (bukan Kejawen), masjid tempat peribadatan umat Muslim, dan pura tempat peribadatan pemeluk agama Hindu yang terletak di atas bukit sebelah barat. Yang unik adalah Mesjidnya mengarah ke arah selatan (Laut). Namun walaupun arah masjidnya ke selatan, warga sekitar yang melakukan sholat disana tetap mendirikan sholat dengan menghadap arah kiblat yakni ke arah Kabah (ada tulisan di Mesjidnya). Di tempat ini terdapat sebuah candi untuk pemujaan yang tidak boleh dimasuki orang, tetapi anda tetap dapat berfoto dengan latar belakang candi dan lautan lepas.

2. Pantai Sepanjang

Pantai Sepanjang termasuk obyek wisata yang baru di buka oleh pemkab gunungkidul, bisa dilihat dari jalan yang menuju ke bibir pantai yang berupa cor block. Dan jika kamu melihat ke sekitar pantai ini akan terlihat pohon-pohon palem rapi berjajar si sepanjang pantai ikut memperindah keanggunan pantai ini, benar – benar pantai yang indah.

Pantai Sepanjang memiliki karakteristik yang mirip dengan Pantai Kuta di Bali. Selain punya garis pantai yang panjang, pasir putih juga terhampar memenuhi pinggiran pantai. Menurut cerita disana, pemberian kata “Sepanjang” disebabkan pantai ini memiliki garis pantai terpanjang diantara pantai-pantai di Kabupaten Gunung Kidul.

Selain suasananya pantai yang tenang, sebagai lokasi wisata yang baru pantai sepanjang juga masih benar-benar asri, alami dan bersih. Di Pantai Sepanjang ini juga terdapat situs bersejarah yaitu Banyusepuh. Sesuai namanya yang berarti membasuh dengan air, maka tempat ini yang tadinya berupa mata air yang digunakan untuk memandikan atau membasuh. Penggunaan tempat ini konon dipakai oleh para wali untuk memandikan pusakanya. Situs ini sekarang tinggal kubangan kering yang ditumbuhi tanaman liar, sehingga bila tidak bertanya keberadaanya kepada penduduk setempat maka para wisatawan sulit untuk menemukan situs tersebut.

Dibeberapa tempat juga terdapat gubug tempat masyarakat setempat tinggal dan bertanam di sekitar tempat tersebut. Kamu akan melihat dua bukit yang pada bagian lerengnya dipakai untuk bercocok tanam oleh masyaratkat setempat seperti menanam jagung, kedelai dan lain-lain. Ketika air laut sedang surut, karang-karang akan muncul dibibir pantai yang menjadi habitat dari beraneka kehidupan biota laut. Para pengunjung dapat menemukan kerang-kerangan, ikan-ikan kecil, bintang laut, ganggang laut, bulu babi dan rumput laut di sela-sela karang tersebut.

3. Pantai Krakal

Pantai Krakal termasuk dalam salah satu deretan pantai-pantai  indah di laut selatan Kabupaten Gunungkidul yang juga memiliki beberapa spot surfing tersembunyi yang menantang. Pantai ini mempunyai bentangan garis pantai yang sangat panjang dan merupakan yang terpanjang diantara pantai-pantai di Gunungkidul.

Yang menjadi keistimewaan tersendiri dari Pantai Krakal adalah adanya ikan damselfish yang berwarna kuning dengan aksennya berwarna biru di punggung, ikan kepe-kepe atau butterflyfish dengan bergaris-garis biru tua dan biru muda, serta terdapat sekelompok ikan kecil yang berwarna biru terang sedang berenang di antara bebatuan.

Selain itu kamu juga akan menjumpai bintang laut berwarna hitam yang menjulurkan kakinya keluar dari balik batu yang menjadi tempat persembunyian mereka. Benar-benar pemandangan alam yang lengkap. Dulunya Pantai Krakal diyakini berada di dasar laut. Karena proses alam maka terjadi pengangkatan kerak bumi yang selanjutnya dasar laut tersebut bisa sampai ke permukaan dan akhirnya menjadi daratan. Daratan yang terbentuk dari pengangkatan dasar laut tersebut munculah pantai dengan nama Krakal sebagai pantai yang unik karena banyaknya batu karang bertebaran dipantai yang dulunya dipakai sebagai rumah bagi ikan ikan didasar laut dan sekarang ini menjadi salah satu wisata terindah di Gunungkidul.

Selain melihat keindahan alam yang mengagumkan, jika kamu ingin berfoto selfie biar makin hits di instagram maka di Pantai Krakal banyak sekali spot keren yang bisa kamu gunakan untuk selfie.

4. Pantai Sadeng

Pantai Sadeng adalah pantai yang merupakan salah satu kebanggaan warga di Gunungkidul karena selain sangat indah, pantai ini juga menyimpan sebuah cerita. Pasti kamu sudah tidak asing lagi dengan Bengawan Solo. Nah, pada zaman dulu ternyata sungai tersebut bermuara disini sehingga Pantai Sadeng sering juga disebut Bengawan Solo Purba.

Di Pantai Sadeng kamu akan melihat dua buah perbukitan kapur memanjang, ditengahnya terdapat sebuah lembah yang semula merupakan jalur aliran dan dasar sungai Bengawan Solo purba. Lembah tersebut sekarang ini dipergunakan untuk bercocok tanam palawija penduduk setempat sepanjang 7 km berkelok ke arah utara hingga wilayah Pracimantoro di kabupaten Wonogiri dan seterusnya dapat kita telusuri terus ke utara hingga ketempat pembalikan aliran sungainya. Muara Bengawan Solo Purba berada di pantai sebelah timur dan wilayah itu kini termasuk areal pelabuhan perikanan.

Tidak seperti pantai di kawasan Gunung Kidul pada umumnya, di Pantai Sadeng tidak banyak terdapat karang-karang raksasa yang membuat pandangan mata menjadi terhalang. Kamu juga dapat melihat perahu nelayan yang sedang melaut. Bibir pantai ini berupa tebing karang yang terlihat indah dan cantik. Di pantai ini pengunjung dapat melihat aktifitas nelayan. Dan kamu juga dapat menikmati masakan ikan laut atau jika kamu menginginkannya dapat membawa ikan laut segar untuk oleh – oleh dengan harga yang relatif sangat terjangkau. Selain itu disini kamu juga bisa seru – seruan selfie berfoto dengan panorama yang indah dan unik atau diatara perahu – perahu nelayan yang ada disini.

5. Pantai Ngrenehan

Pantai Indah di Yogyakarta yang akan di posting kali ini adalah Pantai Ngrenehan Yogyakarta. Pantai Ngrenehan sendiri adalah sebuah pantai yang tidak terlalu luas yaitu sekitar 100 m2 namun memiliki panorama yang tak kalah indah dengan pantai lainnya di Gunungkidul. Disini juga terdapat banyak perahu nelayanan yang berlabuh di pinggir pantai.

Pantai ini diapit oleh dua bukit karang yang cukup besar dan menjorok ke laut sehingga ombak besar tidak secara langsung menghempas ke pantai karena terhalang dua bukit tersebut. Pantai Ngrenehan berbeda dengan pantai-pantai selatan pada umumnya yang berombak besar, di pantai ini hampir tidak ada ombak, jadi kamu bisa aman berenang disini.

Di pantai Ngrenehan ini kamu juga bisa menikmati kuliner laut yang lezat, ada TPI kecil didekat parkiran yang menjual aneka ikan segar hasil tangkapan nelayan. Selesai belanja ikan di TPI, kamu bisa langsung memasaknya dan menikmatinya atau bisa juga dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Untuk harga sendiri di pantai ini bisa disebut murah dan bahkan lebih murah dari yang terdapat di pantai-pantai lainnya. Jadi disini kamu bisa berwisata menikmati pemandangan pantai diatara dua bukit yang indah dan sekaligus kulineran lezat yang pasti menggugah selera.

6. Pantai Kukup

Pasti kamu penasaran mengapa artikel wisata pantai Gunungkidul kali ini dengan judul “Pantai Kukup Yogyakarta, Nuansa Tanah Lot di Pulau Jawa”. Karena memang jika kamu melihat nuansa disini sekilas mirip dengan Tanah Lot. Pantai Kukup memiliki sebuah pulau karang kecil di sisi timur lengkap dengan gardu pandang yang sering disebut Pulau Jumino.

Untuk mencapai ke Pulau Jumino tersebut wisatawan bisa berjalan kaki menyusuri anak tangga dan menyeberang jembatan. Panorama inilah yang sering disebut sebagi Tanah Lot-nya Jogja karena memang suasananya mirip dengan yang ada di pulau Bali tersebut.

Salah satu keistimewaan dari Pantai Kukup adalah kaya akan biola laut seperti ikan hias dengan aneka warna yang indah. Kamu juga bisa melihat aquarium laut yang secara alamiah terbentuk di karang-karang di pinggir pantai. Dipantai ini juga terdapat gua-gua karang eksotis yang teduh. Untuk kamu yang hobi memancing bisa mencobanya di pantai ini. Selain itu kamu yang tidak sabar ingin segera menikmati lezatnya ikan laut silahkan kunjungi warung-warung di sekitar pantai yang menjual aneka olahan laut. Dari gardu pandang diatas pulau kecil tersebut kamu bisa menyaksikan hamparan laut yang indah dengan ombaknya. Selain itu juga bisa menyaksikan sunrise maupun sunset pantai yang indah dari gardu pandang ini. Benar-benar suguhan alam yang menakjubkan untuk dinikmati.

7. Pantai Nglambor

Pantai Nglambor. Jika kamu berwisata ke pantai biasanya apa yang Anda lakukan? Pasti sebagian besar yang dapat dilakukan dipantai adalah melihat pemandangan atau bermain air di bibir laut. Namun berbeda dengan pantai yang satu ini, kamu bisa melakukan petualangan yang asik dibawah air. Pantai Nglambor Yogyakarta, Snorkeling dan Menikmati Pesona Bawah Air.

Nah, ternyata lengkap sudah ragam pantai di Jogja kan? Mulai dari yang masih asri dan alami, menikmati nikmatnya kuliner laut, petualangan extrem, dan sekarang Pantai Nglambor yang dimana Anda bisa melakukan Snorkeling yang menyenangkan. Anda bisa meminjam alat snorkeling di lokasi tersebut.

Pengelola Bintang Nglambor Snorkeling (BNS) Pantai Nglambor, Aditya Putratama mengatakan bahwa pantai yang tersembunyi di Gunungkidul ini belum lama ramai dikunjungi wisatawan. Awalnya, pantai ini tidak banyak diketahui orang. “Hari biasa yang snorkeling bisa 15 orang. Tapi kalo weekend bisa sampai 80 orang,” ungkapnya. Selain itu juga Anda jangan khawatir karena air di Pantai Nglambor Yogyakarta ini cukup jernih dan bersih. Pantai Nglambor tertutup oleh 2 batu karang besar sehingga membuat ombak yang datang ke pantai tak terlalu besar. Ketika surut banyak yang menyeberang ke batu karang tersebut untuk memancing dan mencari ikan. Karang di dasar laut yang dangkal pun terlihat jelas, sehingga kita bisa melihat biota laut yang berkeliaran di air laut tersebut. Hamparan pasir tidak terlalu lebar, sekitar 40-50 meter. Dengan dihiasi batu karang yang bertebaran di salah satu sisinya. Pantai ini masih sangat bersih dan juga terlihat sangat alami.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s