10 Orang Paling Kaya Di Industri Game

10 Orang Paling Kaya Di Industri Game

10 Orang Paling Kaya Di Industri Game – Siapa yang menyangka bahwa video game dapat membuat seseorang masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia. Eksekutif-eksekutif industri game berikut ini mengubah video game menjadi masukan utama yang membuat iri banyak orang di dunia. Berikut 10 orang paling kaya dalam industri game.

Perlu diketahui data perkiraan kekayaan didapatkan dari Forbes, The Richest, Celebrity Networth, dan juga berbagai sumber lainnya, namun tidak dapat dipastikan valid secara resmi karena perbedaan tahun serta alasan-alasan lainnya.

1. Hiroshi Yamauchi – Nintendo


Walaupun Hiroshi Yamauchi telah meninggal pada 19 September 2013 lalu namun ia tetap pantas masuk dalam berbagai daftar ini, tidak hanya karena kekayaannya namun juga karena pengaruhnya dalam dunia game. Hiroshi Yamauchi-lah yang membesarkan nama Nintendo sebagai perusahaan game elektronik. Tahukah Anda pada awalnya Nintendo adalah perusahaan produsen kartu bermain? Hingga akhirnya setelah Hiroshi Yamauchi melihat kantor dari perusahaan nomor satu di bidang kartu bermain hanyalah kantor dengan ukuran relatif kecil, ia akhirnya menyadari keterbatasan kartu bermain dan mulai bereksperimen area bisnis lain.

2. Mike Morhaime – Blizzard Entertainment


Mike Morhaime – Blizzard Entertainment
Michael “Mike” Morhaime adalah presiden dan juga co-founder dari Blizzard Entertainment. Blizzard Entertainment adalah perusahaan video game Amerika yang terkenal akan game-game mereka seperti World of Warcraft, Diablo III, Starcraft, dan juga Defense of the Ancients (Dota) hingga akhirnya patent Dota diberikan ke Valve.

3. Yoshikazu Tanaka – GREE


Dibandingkan dengan eksekutif-eksekutif terkaya industri game lainnya, nama Yoshikazu Tanaka jauh lebih jarang terdengar namun ia adalah salah satu dari jajarang teratas orang terkaya dalam industri game. Kekayaannya ia dapatkan dari perusahaannya, GREE yakni perusahaan game mobile dan juga layanan jejaring sosial. Pada saat umur 33 tahun, ia disebut-sebut sebagai Orang Terkaya Dunia Termuda setelah Mark Zuckerberg. Kekayaannya pernah mencapai $3,5 bilion namun sayangnya karena kebijakan pemerintah ia harus mengalami kerugian yang cukup besar. Walapun begitu nama Yoshikazu Tanaka tetap adalah salah satu orang terkaya dalam industri video game.

4. Gabe Newell – Valve


Bagi para gamers, khususnya game online, Gabe Newell adalah tokoh yang cukup dikenal. Ia adalah founder dari perusahaan gaming ternama Valve Corporation yang menciptakan game Half-Life, Counter-Strike, Left 4 Dead, Dota 2, dan banyak lainnya. Gabe mendirikan Valve setelah 10 tahun menciptakan software untuk Microsoft. Memiliki latar belakang klasik akan “miliarder yang keluar dari sekolah,” kisahnya juga dimulai saat ia keluar dari Universitas Harvard, bergabung dengan Microsoft, membantu Microsoft mengembangkan software pertama mereka, dan akhirnya mendirikan Valve. Sekarang ini Gabe memiliki setengah saham Valve, maka tidaklah mengherankan melihat nama Gabe Newell sebagai salah satu orang terkaya dalam bidang game.

5. Bobby Kotick – Activision Blizzard


Robert A. Kotick, atau lebih dikenal sebagai Bobby Kotick adalah pebisnis Amerika yang menjabat sebagai CEO, presiden, dan juga direktur dari Activsion Blizzard. Activision Blizzard sendiri adalah perusahaan induk dari Activision dan Blizzard Entertainment. Tidak hanya menjabat sebagai CEO dari Activision Blizzard saja, Bobby Kotick juga adalah bagian dari dewan direksi Coca-Cola. Terlepas dari hal ini, dalam industri gaming Kotick dipandang sebagai sosok yang kontroversial karena ide bisnisnya yang selalu memancing game baru dengan teaser namun tanpa sequel. Uniknya, beberapa sumber mengatakan kekayaan Bobby Kotick adalah $2 Bilion.

6. Hajime Satomi – Sammy Corporation dan Sega


Sesudah ia keluar dari kuliahnya di tahun 1975, Hajime Satomi mendirikan perusahaan peralatan Panchiko yang bernama Sammy Corporation, mendirikan Sammy Studio, dan di tahun 2004, Sammy Corporation membeli Sega. Sekarang ini ia menjabat sebagai CEO dari keuda perusahaan tersebut. Beberapa game ternama mereka adalah Guilty Gear, Yakuza, Sony the Hedgehog, dan banyak lainnya.

7. Mark Pincus – Zynga


Mungkin nama Marc PIncus tidak begitu familir di telinga kita namun bagaimana dengan nama perusahaan game Zynga? Ya, Marc Pincus adalah co-founder dari Zynga. Zynga sendiri adalah perusahaan yang terkenal atas game sosial mereka seperti Famrville, Bubble Safari, Word with Friends, dan banyak lainnya. Sebagai gambaran memiliki Zynga itu dapat diibaratkan memiliki setengahnya Facebook karena platform game Facebook dipopularkan oleh Zynga. Sebelumnya Mark Pincus adalah CEO dari Zynga namun ia telah melepaskan jabatan itu kepada Don Mattrick yang juga ada di daftar ini.

8 Yasuhiro Fukushima – Square Enix


Memiliki karir awal sebagai seorang arsitek, Yasuhiro Fukushima kemudian memulai sebuah perusahaan kecil bernama Eidansha Boshu Service Center pada taun 1975. Beberapa tahun sesudah itu, perusahaan tersebut berganti nama menjadi Enix. Anda para penggemar game RPG pasti sudah familiar dengan nama perusahaan ini. Namun tidak berhenti di situ saja, pada tahun 2003 Enix kemudian bergabung dengan Square menjadi perusahaan game yang dikenal dunia sekarang ini yakni Square Enix.

9. Don Mattrick – Zynga


Sebelumnya menjabat sebagai presiden Interactive Entertainment di Microsoft untuk produk Xbox, kini ia adalah CEO dari Zynga menggantikan co-founder Zynga sebelumnya yakni Mark Pincus. Tidak hanya itu saja ia juga adalah bagian dari dewan direktur Zynga. Sayangnya tidak diketahui seberapa besar perkiraan kekayaan bersih yang ia miliki namun diperkirakan setelah ia menjabat sebagai CEO Zynga perkiraan kekayaannya semakin melesat. Hal ini dikarenakan selain dar gaji, Zynga juga menawarkan harga saham yang cukup murah ke Don Mattrick.

10. Jason Jones – Bungie


Merupakan developer game yang adalah co-founder dari studio game Bungie. Jika Anda tidak familiar dengan nama studio ini mungkin produk ternamanya pernah Anda dengar, yakni serial game FPS Halo, Myth, dan yang paling baru akan muncul adalah Destiny. Jones dikenal selalu menghindari perhatian publik dan merahasiakan kekayaannya namun dari franchise Halo saja kita sudah dapat membayangkan keberhasilannya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s