Baunya Boleh Nggak Enak, Tapi Khasiatnya Sangat Banyak. Yuk, Penggemar Petai Merapat!

Baunya Boleh Nggak Enak, Tapi Khasiatnya Sangat Banyak. Yuk, Penggemar Petai Merapat!

Meski banyak orang nggak suka dengan petai (Parkia speciosa) karena baunya yang menyengat, ternyata buah berwarna hijau ini juga punya tempat tersendiri di hati para penggemarnya. Untukmu yang memang sama sekali tak suka, melihatnya pun rasanya sudah jijik duluan. Padahal buat penikmat petai, jika sudah tersaji di meja makan lengkap dengan lauk dan sambalnya, hmm, rasanya seperti melihat berlian! Nafsu dan selera makan menjadi bertambah berkali-kali lipat. Nggak heran dong, kalau petai selalu saja laris di pasar.

Petai sendiri sebenarnya masuk dalam kategori buah. Bau yang tidak sedap lebih karena kandungan asam amino yang terkandung di dalam biji petai yang mengandung unsur sulfur. Kandungan inilah yang membuat biji petai menghasilkan bau yang sangat menyengat dan (bagi sebagian orang) tidak sedap. Meskipun begitu, petai ternyata punya banyak khasiat yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Mau tahu? Ini dia Hipwee Tips rangkumkan untukmu!

1. Suka uring-uringan kalau lagi PMS? Makan petai aja!

Selain kram perut, biasanya kalau lagi PMS (Pre Menstrual Syndrome) mood dan emosi jadi naik turun. Petai yang mengandung zat bernama tryptophan dan juga vitamin B yang selain berfungsi utnuk mengatur kadar gula darah, juga dipercaya dapat membantu menstabilkan mood dan mengurangi depresi.

2. Kalau dirasa mudah terserang darah rendah, nggak ada salahnya kamu makan petai. Karena ternyata juga berkhasiat untuk mencegah terjadinya anemia

Biji atau buah petai sendiri ternyata sanggup mencegah terjadinya anemia pada seseorang. Hal ini disebabkan oleh kandungan zat besi tinggi yang terkandung dalam buah pete ini. Anemia sendiri dapat berakibat:

  • 5 L (letih, lemah, lesu, lunglai, lemas)
  • Tubuh terasa tidak bertenaga
  • Mudah terserang penyakit ringan
  • Mudah pusing dan mual-mual
  • Tidak dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan optimal

Dengan mengonsumsi petai, beberapa gejala di atas dapat dicegah dan tidak akan muncul.

3. Nggak cuma bijinya, kulit petai juga ampuh untuk menghilangkan gatal karena gigitan nyamuk

Tidak hanya buah atau biji petai yang berkhasiat, bagian kulit petai pun ternyata memiliki khasiat dan manfaat. Salah satu manfaat dari kulit biji petai ini adalah dapat mengurangi dan menghilangkan rasa gatal yang diakibatkan oleh gigitan nyamuk. Caranya, cukup dengan mengambil bagian dalam dari kulit petai, kemudian gosok-gosokkan bagian tersebut pada derah kulit yang gatal.

4. Selain enak di lidah, petai juga bersahabat dengan lambung meskipun dimakan mentah. Asal dicuci bersih ya

Meskipun dimakan secara mentah, petai tidak menimbulkan efek yang buruk bagi lambung. Justru petai sangat bersahabat dengan lambung kita, karena:

  • Dapat menetralisir asam lambung
  • Mengurangi iritasi dan luka pada bagian lambung
  • Mencegah terjadinya infeksi pada lambung

5. Kalau kamu punya niatan untuk berhenti merokok, cobalah lebih sering mengonsumsi petai

Resolusimu tahun ini ingin mencoba berhenti dari kebiasaan merokok? Ternyata kandungan vitamin B6, vitamin B12, kalium, dan magnesium yang terkandung di dalam petai dapat membantu menghentikan kebiasaan merokok. Hal ini juga dapat mempercepat efek penghentian nikotin yang masuk ke dalam tubuh.

6. Biji petai juga merupakan salah satu makanan yang mengandung antioksidan tinggi

Biji petai ini merupakan salah satu makanan yang mengandung antioksidan tinggi. Oleh karena itu dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, antioksidan juga dapat membantu :

  • Maningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh
  • Mencegah tubuh terjangkit berbagai macam penyakit
  • Baik untuk kesehatan tubuh

7. Mulai sekarang kamu bisa mengonsumsi petai kalau sariawan dan kurang fit. Karena ternyata petai juga mengandung vitamin C, lho!

Walaupun tidak setinggi jenis buah-buahan asam seperti jeruk dan apel, kandungan vitamin C pada petai dapat membantu tubuh mencukupi kebutuhan vitamin C dalam sehari. Jika kandungan vitamin C terpenuhi, tentunya tubuh akan ada dalam kondisi fit, karena beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari vitamin C adalah:

  • Menjaga kesehatan dan meningkatkan daya tahan tubuh
  • Mencegah terjadinya berbagai macam penyakit
  • Mencegah sariawan, gusi berdarah dan infeksi

8. Petai ternyata juga merupakan makanan berserat tinggi. Bagus juga untuk pencernaanmu!

Buah atau biji petai memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Ini tentu saja akan sangat berguna untuk mencegah terjadinya gangguan-gangguan pencernaan seperti sembelit, diare, sulit buang air besar, nyeri perut, mulas dan begah.

9. Menurut penelitian, petai juga dipercaya ampuh mencegah stroke. Luar biasa!

Menurut riset dalam The New England Journal of Medicine, makan petai sebagai bagian dari makanan
sehari-hari akan menurunkan resiko kematian karena stroke sampai 40 persen. Luar biasa banget, ‘kan?

Di luar dugaan, petai yang merupakan penambah variasi lauk dalam makanan ternyata mengandung banyak sekali manfaat yang tak disangka-sangka. Meski demikian, kiranya kamu tak perlu terlalu banyak mengonsumi petai apalagi jika setelahnya akan bertandang ke rumah calon mertua, meeting dengan klien atau nge-date sama pacar . Baunya yang menyengat tentunya cukup mengganggu orang-orang di sekitar kita. Jadi, tetap jaga bau mulut ya!

 

Sumber : Hipwee.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s