Liburan Murah ala Backpacker di Lombok

Beberapa tahun belakangan, Lombok memang dianggap sebagai the next Bali. Gugusan gili-gili nan indah, hamparan savana menghijau, juga pantai-pantai yang aduhai seolah menasbihkan predikat Bali Baru. Memang cukup komplit sih pulau ini. Meskipun kecil, bentang alam Lombok begitu lengkap dan memesona.

Nah, buat kamu yang pengen banget liburan ke Lombok, tenang aja. Sebenarnya wisata di Lombok itu murah, yang mahal sih gaya hidup traveler-nya sendiri. Kalau style kamu memang backpacker, wah Lombok memang harus kamu datangi dengan segera. Nih, biar kamu nggak bingung, Hipwee Travel bakal bikinin kamu panduan 3 hari liburan ke Lombok dengan budget 500 ribuan doang.

Hah, seriusan? Serius dong. Yuk makanya simak…

Hari pertama, agendanya adalah ke Pantai Senggigi dan Kota Mataram. Jangan lupa wisata kulineran…

Hal yang harus kamu siapkan pertama kali adalah tiket pesawat ke Lombok dari kota tujuan. Atau kalau mau lebih murah, silakan naik kapal dari Bali. Tapi sebenarnya lebih efisien naik pesawat. Jauh lebih cepat dan tidak capek. Transport nggak kita hitung ya di sini.

Sesampainya di bandara Internasional Lombok Praya mampirlah ke warung nasi balap puyung di Praya. Tempat makan itu sangat legendaris dan sangat terkenal di kalangan traveler. Setelah itu naiklah Damri ke arah Senggigi. Nikmati matahari terbenam dengan siluet Pulau Bali. Magis sekali sih ini. Setelah di Senggigi, carilah persewaan motor untuk 3 hari. Kemudian kamu bisa wisata kuliner lagi ke Kota Mataram, rekomendasinya ke Sate Rembiga. Wah, maknyus banget tuh sate. Setelah itu keliling kota Mataram dan menginapnya di rumah singgah backpacker di Mataram. Gratis buat backpacker macam kamu-kamu…

Hari kedua, berpetualanglah ke kawasan Mandalika. Ada pantai Kuta, Tanjung Aan dan banyak lainnya. Jangan lupa ke Desa Sade juga…

Dari rumah singgah segeralah meluncur ke kawasan Mandalika setelah sarapan. Butuh waktu sekitar 1 jam dengan kecepatan tinggi untuk sampai ke sana. Destinasi pertama yang harus kamu tuju adalah Desa Sade. Kamu bisa melihat rumah sasak beserta kain-kain khas Lombok yang bisa kamu jadikan cenderamata. Jika kamu nggak punya duit, nggak masalah. Cukup foto-foto saja. Hehehe.

Setelah dari Sade, kamu harus makan siang terlebih dahulu sebelum melanjutkan perjalanan. Kamu bisa makan dekat pantai Kuta. Setelah makan, tentukan tujuanmu selanjutnya. Ada banyak pantai di sekitar Kuta. Ada Mawun, Seger, Selong Belanak, Tanjung Aan serta Kuta itu sendiri. Jelang sore pilihlah Tanjung Aan karena ada bukit Marese yang oke punya. Mendakilah ke bukit Marese dan nikmatilah senja di sana.

Setelah puas menikmati pantai, segera kembali ke Mataram. Kalau kemalaman bisa-bisa malah terjadi bahaya di sekitar sana.

Nah, hari terakhir gunakan untuk ke air terjun. Entah air terjun Sindanggile, Tiu Kelep, atau air terjun Benang Kelambu. Tapi yang disebut terakhir yang paling dekat sih…

Hari ketiga gunakanlah untuk menyegarkan diri mandi di air terjun. Berangkatlah pagi-pagi karena lokasinya cukup jauh. Kalau mau ke Tiu Kelep dan Sindanggile butuh sekitar 2 jam lebih untuk sampai ke sana. Sementara untuk ke Benang Kelambu hanya butuh satu jam saja. Untuk menuju ke air terjun biasanya membutuhkan sedikit pendakian karena lokasinya berada di gunung. Nikmatilah kesegaran air dari mata air Gunung Rinjani yang alami dan menyegarkan. Daripada ke pantai melulu lebih baik ke air terjun, lebih tenang dan menyegarkan.

Setelah puas dari air terjun, segera makan siang dan packing untuk persiapan pulang.

Udah yakin belum mau backpacker ke Lombok? Semoga tahun ini kamu bisa ke sana ya. Enjoy Lombok!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s