5 Negara Dengan Pelatihan Militernya Yang Paling Keras

“Kesatuan militer manakah yang paling tangguh dan terlatih?”. Pertanyaan tersebut tentu pernah terbersit di benak kita dan menurut mbakbro setiap orang tentu memiliki jawaban yang berbeda-beda karena sifatnya yang relatif. Untuk bisa menjawabnya secara pasti kita harus mengikuti semua latihan militer di setiap negara, karena hanya dengan demikian kita mengetahui secara pasti seberapa berat latihan militer yang mereka lakukan.
Semua kesatuan khusus mempunyai latihan militer yang sangat berat baik secara fisik maupun mental. Jika secara fisik mereka digembleng dengan push-up, sit-up, atau lari berkilo-kilo meter, secara mental mereka juga dilatih dengan kondisi kurang makan dan kurang tidur serta keadaan alam yang tidak bersahabat. Untuk mengetahui gambaran seberapa berat latihan militer para pasukan khusus tersebut, berikut daftar 5 Negara Dengan Pelatihan Militernya Yang Paling Keras.

1. Kopaska Indonesia

Indonesia mempunyai tentara kesatuan khusus yang disebut Kopaska (Komando Pasukan Katak) yang anggotanya diambil dari korps pelaut. Dan seperti tentara kesatuan khusus dari negara-negara lain, Kopaska juga mempunyai latihan istimewa yang sangat berat yang dimulai dengan “hell week”. Coba saja Anda bayangkan, ketika memulai hell week, semua kadet harus makan nasi komando (campuran dari telur mentah, nasi, sayur mayur, minyak ikan, dan terasi yang diblender) dan minum jamu brotowali (jamu jawa paling pahit).
Setelah hell week selesai, maka dimulailah latihan panjang selama kurang lebih 10 bulan yang porsi latihannya semakin lama semakin berat. Termasuk di dalamnya latihan drown proofing (kadet diikat tangan dan kakinya kemudian diceburkan kolam) dan latihan cold water conditioning. Karena beratnya latihan ini tidak mengherankan jika banyak kadet yang akhirnya tidak sanggup menjalaninya. Jika hal ini terjadi, maka mereka harus meletakkan topi bajanya di pinggir lapangan. Dari sini bisa dilihat berapa orang yang gugur atau mengundurkan diri dalam satu angkatan.

2. Sniper Amerika

Ghillie suit adalah sebutan untuk pakaian kamuflase yang dipakai oleh para sniper ketika berlatih di rawa-rawa dan rerimbunan hutan. Nah, jika Anda membayangkan bahwa pakaian ini bisa diperoleh dari eBay atau Amazon maka Anda salah besar. Untuk mendapatkan ghillie suit, mereka harus menyelam ke dalam rawa-rawa yang kotor dan bau. Segala kotoran, bangkai hewan dan tumbuhan yang kemudian melekat di pakaian mereka itulah yang harus mereka kenakan seharian.
Dan proses ini tidak hanya berlangsung sehari melainkan satu bulan penuh, sampai para sniper ini menjadi lebih mirip makhluk rawa daripada manusia. Latihan ini sangat penting untuk menyatukan para sniper dengan alam sekitarnya karena tugas utama mereka adalah tetap tidak terlihat oleh lawan dalam kondisi apapun saat beraksi.

3. Baret Merah Belarusia

Belarusia adalah negara terakhir di Eropa yang dikuasai seorang diktator. Untuk menjadi seorang tentara Baret Merah di negara tersebut ujiannya sangat berat. Ujian pertama adalah berjalan di atas gelondongan kayu yang terbakar. Bukan hanya api yang membuat ujian ini sulit tetapi mereka juga harus menjaga keseimbangan dari ban yang diayunkan dari kanan-kiri. Jika sampai terjatuh kemungkinan kaki mereka akan terkena peluru karena seorang instruktur bertugas menembakkan senapan di bawah kayu tersebut.
Ujian ini tidak berhenti di situ. Instruktur kemudian menyuruh para kadet tidur terlentang dan memasang balok batu di atasnya yang kemudian dihancurkan dengan sebuah martil. Ujian terakhir bagi para kadet adalah memecahkan setumpuk batu yang juga terbakar dengan kepala. Ujian ini memang mirip adegan debus tapi memang seperti itulah yang harus dilalui oleh para tentara Belarusia untuk bergabung dengan satuan Baret Merah.

4. Tentara Merah China

Latihan militer membutuhkan konsentrasi yang tinggi, disiplin, ketepatan dan keberanian yang semuanya dibutuhkan dalam situasi perang. Nah, untuk melatih hal-hal tersebut tentara China mempunyai metode latihan yang sebenarnya sederhana tetapi sangat berbahaya karena nyawa taruhannya. Latihan ini disebut dengan permainan “hot potato” tetapi bedanya permainan ini tidak menggunakan kentang melainkan granat aktif.
Dalam link video berikut ini menunjukkan tentara China yang ditempatkan di Hong Kong tengah mengoperkan granat aktif dari satu prajurit kepada prajurit lain dengan ketenangan dan presisi waktu yang tinggi. Karena seperti kita tahu, setelah pin pengaman granat diambil maka pada waktu sekian detik granat tersebut akan meledak. Apabila terjadi salah perhitungan waktu atau mungkin jika granat terjatuh maka dapat dipastikan semua prajurit tersebut akan tewas. Videonya bisa Anda saksikan di sini.

5. Marinir Taiwan

Taiwan adalah negara yang terkenal dengan produk elektroniknya, tetapi jangan salah sangka, mereka juga mempunyai marinir kelas dunia. Salah satunya adalah karena marinir mereka mempunyai latihan yang sangat keras. Agar dapat lulus mereka harus melewati sebuah ujian yang disebut “Road To Heaven”, sebuah jalur batu koral tajam sepanjang kurang lebih 50 meter dimana mereka harus melaluinya dengan merangkak seperti ulat (tidak boleh menggunakan tangan).
Butuh waktu setidaknya 15 sampai 20 menit dan luka lecet di sekujur tubuh untuk sekali melewatinya dan jika instruktur merasa tidak puas, mereka harus melaluinya sekali lagi. Yang membuat ujian ini istimewa adalah, anggota keluarga calon marinir harus hadir untuk menyaksikan. Tujuannya mungkin untuk memberikan semangat kepada si kadet dengan air mata mereka.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s