Wisata Air Terjun di Yogyakarta, Gunung Kidul Yang Mempesona

Untuk para pecinta Wisata Alam. Jika kalian wisata ke Daerah Istimewa Yogyakarta sempatkan waktu kalian untuk naik ke atas gunung, tepatnya Kabupaten Gunung Kidul. Beberapa tahun ini Kabupaten Gunung kidul sudah banyak bermunculan obyek wisata baru, dari wisata pantai, wisata air terjun, dan wisata goa yang sangat mempesona. Jadi kalian akan merasa menyesal kalo tidak mampir ke salah 1 obyek wisata di Gunung Kidul.

Kali ini saya akan memberi rekomendasi beberapa obyek  Wisata Air Terjun yang ada di Kecamatan Gunung Kidul.

1. Air Terjun Sri Gethuk

Ini adalah salah satu keindahan alam Gunung Kidul yang bisa kamu jadikan destinasi wisata. Air Terjun Sri Gethuk menyajikan pemandangan aliran air antara ketinggian tebing hingga 50 meter. Untuk mencapai air terjun ini, kamu harus melewati jalan sawah sekitar setengah kilometer, kemudian melanjutkan menuruni 96 anak tangga. Untuk memasuki kawasan wisata di Gunung Kidul ini, kamu harus membayar pintu masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Kalau kamu ingin lebih cepat dan lebih mudah mencapai lokasi air terjun, kamu bisa menyewa perahu tradisional (gethek) sebesar Rp 5.000 per orang.

2. Air Terjun Banyu Nibo

Air Terjun Banyu Tibo sebenarnya bisa dikatakan sebagai umbul atau grojogan. Bentuknya yang bertingkat-tingkat membuat tempat wisata ini sangat menarik untuk dikunjungi. Air Terjun Banyu Tibo berada di perbatasan Semin – Wonogiri, dan tersembunyi di balik hamparan hijaunya dataran tinggi Gunung Kidul. Untuk menuju ke tempat ini bisa dibilang cukup menantang, sebab rutenya yang naik turun dan masih belum ada papan petunjuk ke lokasi ini. Meski demikian menuju ke Air Terjun Banyu Tibo sangatlah menyenangkan, kamu akan melewati jalan setapak yang sangat hijau dan masih terjaga keasriannya.

3. Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang adalah tipe air terjun yang sebenarnya sangat jarang ditemui di beberapa daerah Yogyakarta dan sekitarnya. Ya, inilah yang kemudian membuat para wisatawan penasaran dengan air terjun di sebelah selatan bukit Nglanggeran ini. Bukan hanya menampilkan pemandangan air terjun yang segar dan unik, kamu juga bisa menikmati panorama bentangan alam di sekitar lokasi. Sebagian besar adalah berupa perbukitan dan lembah-lembah menawan. Nah, di sinilah kamu akan menyaksikan areal persawahan yang dibuat bertingkat-tingkat mengikuti kontur tanah yang ada di tempat ini, persis seperti areal Subak khas Bali.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s