6 Destinasi Wisata Gua Paling Eksotis di Indonesia

Belum puas mata kamu dibikin takjub oleh keindahan baik dari bawah laut hingga ke puncak gunung, Indonesia masih memiliki daya pikatnya yang tersimpan di balik tanahnya yang subur. Masuk ke dalam bumi Indonesia kamu akan menemukan gua-gua hasil jamahaan alam selama ribuan atau mungkin jutaan tahun.

Kalau kamu membayangkan gua sebagai tempat menyeramkan, kering dan cuma bisa ditinggali oleh kelelewar maka beberapa gua paling eksotis di Indonesia ini akan mengubah pandanganmu untuk menikmati keindahan alam dari dalam perut bumi:

Gua Gong, Pacitan, Jawa Timur

Pacitan punya julukan sebagai Kota 1001 Gua karena banyaknya lokasi wisata gua di sana, namun ada satu gua yang menjadi kebanggaan masyarakat Pacitan, yakni Gua Gong. Terletak 37 km dari Kota Pacitan atau tepatnya di dusun Pule, desa Bromo, kecamatan Punung, gua ini bisa dicapai dengan sepeda motor maupun mobil, karena jalan menuju ke sana sudah beraspal.

Keunikan dari gua ini adalah suara khas seperti gong gamelan dari stalaktit dan stalakmit ketika dipukul. Jadi selain bentuknya yang indah, gua ini juga bersuara dengan indah. Gak salah kalau gua ini disebut sebagai yang terindah di Asia Tenggara.

Cukup dengan tiket masuk sebesar Rp. 6,000 kamu udah bisa melihat dan mendengarkan keindahan gua Gong. Setelah puas mengunjungi gua kamu bisa langsung mengunjungi pantai Klayar yang hanya berjarak 7 kilometer dari gua.

Gua Tabuhan, Pacitan, Jawa Timur

Masih dari Pacitan dan gak jauh dari Gua Gong kamu pasti akan tergoda ketika mendengar ada lagi satu gua yang bisa memainkan tangga nada layaknya gamelan lengkap, bukan hanya gong doang. Jauh di dalam gua Tabuhan, kamu dapat menemukan seniman gamelan lokal memainkan alunan musik gamelan namun bukan menggunakan alat gamelan pada umumnya, melainkan menggunakan stalaktit dan stalakmit yang dipukul.

Mereka bermain begitu syahdu hingga kamu sulit percaya bahwa suara yang dihasilkan berasal dari batuan yang tercipta dari proses alam selama ribuan tahun lamanya.

Gua Jomblang, Gunung Kidul, Yogyakarta

Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta sebenarnya juga menyimpan keindahan dari dalam perut bumi yang gak kalah dari Pacitan. Salah satunya dibuktikan oleh Gua Jomblang. Terletak di Desa Jetis, Kecamatan Semanu, Gunungkidul gua ini memang punya tantangan tersendiri buat ditelusuri hingga ke dalam.

Kamu memerlukan peralatan standar caving gua vertikal dengan teknik single rope. Bagi pemula, keberadaan instruktur atau pemandu yang sudah berpengalalaman akan sangat membantu demi memastikan keselamatanmu.

Namun semua perjuangan akan terbayar ketika kamu tiba di dasar gua. Kamu akan takjub melihat hutan purba yang tumbuh rimbun di bawah sana, suasana pun jadi semakin dramatis ketika cahaya matahari dari atas tersorot ke dalam gua. Keindahan ini disebut sebagai “Cahaya Surga” oleh para caver di sana.

Gua Gajah, Gianyar, Bali

Berbeda pada gua pada umunya yang menawarkan keindahan di dalam perut bumi, Gua Gajah justru elok karena penampakannya dari luar. Gua yang juga berfungsi tempat peribadatan agama Budha dan Siwa ini dikelilingi oleh persawahan dan merupakan tempat pertemuan dua aliran sungai kecil. Pertemuan inilah yang membuat gua Gajah memiliki nilai magis bagi masyarakat setempat. Namun daya tarik utama dari Gua Gajah adalah ukiran indah di dinding luarnya.

Gua Maharani, Lamongan, Jawa Timur

Sulit untuk tidak memasukkan nama Gua Maharani ke dalam daftar ini, mengingat lokasi wisata ini udah cukup populer bagi kalangan traveler yang sering melalui jalur pantura (baca: pemudik). Keindahan stalaktit dan stalakmit dalam gua Maharani sudah diakui sebagai salah yang terunik di dunia, dengan pertumbuhan sekitar 1 cm per 10 tahun.

Namun terlepas dari legenda dan mitos setempat yang mulai usang dimakan zaman, yang patut diacungi jempol adalah usaha pemerintah Lamongan untuk membuat gua ini tetap menarik dikunjungi. Gua Maharani kini di kelilingi oleh kebun binatang dengan nama yang sama. Tidak berjarak jauh dari Gua Maharani, terdapat Wisata Bahari Lamongan yang juga sudah tersohor oleh keindahannya.

Gua-gua di dalam laut Raja Ampat, Papua Barat

Surga di timur Indonesia, begitu kata mereka yang telah menikmati keindahan Raja Ampat. Namun cantiknya Raja Ampat gak hanya sebatas pasir putih, batu koral dan keberagaman biota laut saja. Bagi kamu yang berminat menikmati gua sambil menyelam, Misool, Raja Ampat adalah salah satu tempat terbaik.

Belum ada nama resmi bagi gua-gua ini tapi ada yang menyebutnya sebagai gua kepala naga dan masih banyak sebutan lain yang diberikan oleh para penyelam yang sudah melihat keindahan gua ini dengan mata kepala mereka sendiri.

Saat ini gua-gua di dasar laut ini memang belum terlalu populer. Tapi nanti pasti setelah Raja Ampat dibanjiri turis dan overcrowded (yang Hipwee harap tidak akan terjadi), gua ini akan diberi nama yang mudah diingat. Jika kamu berkesempatan dan berkeinginan, sebaiknya kunjungi gua Raja Ampat ini sesegera mungkin.

Dari ujung timur hingga barat, Indonesia memang kaya dengan keindahan alam termasuk keindahan gua-guanya yang gak kalah dari gua eksotis di luar negeri. Tinggal kamu aja yang mau apa nggak buat menjelajahi gua-gua ini.


Sumber : https://goo.gl/XcRL0N

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s