10 Masjid Tua Yang Masih Berdiri, Saksi Sejarah Islam Sejak Abad ke-13

Indonesia merupakan negara dengan total penduduk muslim terbesar di dunia. Namun hal itu tidak serta merta menjadikan Indonesia sebagai negara Islam. Masih kental asas kebhinekaan di negara ini. Dengan banyaknya penduduk muslim di Indonesia, tentu menjadi sebuah bahasan yang menarik ketika melihat ke belakang.

Beberapa teori memang mengatakan masuknya Islam ke Indonesia menunjukkan tahun yang berbeda. Ada yang mengatakan bahwa agama Islam masuk ke Nusantara dari Gujarat pada abad ke-13 M dengan dibawa oleh para pedagang India. Ada juga yang mengatakan bahwa agama Islam dibawa oleh para pedagang Timur Tengah pada abad ke-7. Versi lain mengatakan bahwa agama Islam dibawa oleh pedagang Persia pada sekitaran abad ke-13 M.

Keberadaan Islam yang sudah lama tentu saja dapat kita temukan dari banyaknya bangunan masjid yang sudah berusia ratusan tahun di Indonesia. Uniknya, masjid-masjid tertua ini masih menggunakan unsur kebudayaan Hindu-Budha yang sudah lebih dahulu ada di Indonesia. Berikut ini adalah beberapa masjid tertua yang ada di Indonesia yang sudah berhasil YuKepo rangkum dari beberapa sumber.

1. Masjid Saka Tunggal (1288)

Masjid Saka Tunggal merupakan masjid tertua di Indonesia. Masjid yang dibangun pada tahun 1288 ini berada di Desa Cikakak, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Kejelasan mengenai pembuatan masjid ini tertulis pada kitab-kitab yang ditinggalkan oleh Kyai Mustolih selaku pendiri masjid. Sayangnya kitab-kitab tersebut sudah tidak dapat ditemukan lagi.

2. Masjid Wapauwe (1414)

Masjid kedua tertua di Indonesia ini juga merupakan masjid tertua di Maluku. Masjid yang dibangun pada tahun 1414 ini menjadi suatu bukti perkembangan sejarah Islam di tanah Maluku. Masjid yang dibangun di Lereng Gunung Wawane ini mulanya disebut sebagai Masjid Wawane. Pada tahun 1614 masjid ini pernah dipindahkan ke Kampung Tehala yang berada 6 km di Timur Wawane karena diganggu oleh Belanda.

3. Masjid Ampel (1421)

Masjid kuno ini terletak di Kelurahan Ampel, Kecamatan Semampir, Surabaya, Jawa Timur. Masjid yang dibangun oleh Sunan Ampel pada tahun 1421 ini memiliki luas 120 x 180 meter. Di kompleks masjid ini juga terdapat makam Sunan Ampel. Masjid ini juga menjadi salah satu tempat wisata religi bagi umat Islam, karena banyaknya peziarah yang mengunjungi makam Sunan Ampel.

4. Masjdi Agung Demak (1474)

Masjid yang menjadi salah satu masjid tertua di pulau Jawa ini terletak di Kampung Kauman, Kabupaten Demak, Jawa Tengah. Masjid ini merupakan salah satu tempat berkumpulnya para Walisongo untuk menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa. Raden Patah yang merupakan raja pertama Kesultanan Demak merupakan pendiri masjid yang masih kokoh berdiri hingga kini. Di kompleks masjid ini juga terdapat makam-makam raja dari Kesultanan Demak. Bahkan masjid ini sempat dicalonkan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO di tahun 1995.

5. Masjid Sultan Suriansyah (1526)

Masjid yang sering disebut sebagai Masjid Kuin ini berlokasi di kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Masjid ini dibangun oleh Sultan Suriansyah yang merupakan raja Banjar pertama yang memeluk agama Islam pada tahun 1526. Masjid ini masih mempertahankan bentuk bangunannya yang memiliki gaya tradisional Banjar dengan atap tumpang tindih.

6. Masjid Menara Kudus (1549)

Masjid yang dibangun oleh Sunan Kudus ini dibangun pada tahun 1549. Masjid yang berlokasi di Desa Kauman, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah ini memiliki konsep bangunan yang menyerupai bangunan candi. Konsep yang memadukan unsur Islami dengan Hindu-Budha ini menunjukkan adanya proses akulturasi dalam perjalanan perkembangan Islam di daerah ini. Seperti masjid-masjid di atas, Masjid Menara Kudus ini juga terdapat makam Sunan Kudus yang terletak di kompleks masjid tersebut. Gak heran kalau di hari-hari tertentu masjid ini banyak dikunjungi para peziarah yang mengunjungi makam Sunan Kudus.

7. Masjid Agung Banten (1552)

Masjid yang dikenal dengan bentuk menaranya yang menyerupai mercusuar ini pertama kali dibangun oleh Sultan Maulana Hasanuddin yang merupakan Sultan pertama dalam Kesultanan Banten. Masjid yang berlokasi di Desa Banten Lama sekitar 10 km dari Kota Serang ini dibangun pada tahun 1552. Masjid yang atapnya memiliki kemiripan seperti Pagoda China ini memang memiliki kompleks pemakaman Sultan-sultan Banten beserta keluarganya.

8. Masjid Mantingan (1559)

Masjid yang terletak di Desa Mantingan, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah ini didirikan pada tahun 1559 yaitu pada masa Kesultanan Demak. Masjid ini juga menjadi salah satu pusat aktivitas dalam penyebaran agama Islam di pesisir utara Jawa. Perpaduan budaya Islam dengan Hindu-Budha juga nampak di masjid ini dan terdapat gapura yang berbentuk melengkung.

9. Masjid Tuo Kayu Jao (1599)

Masjid Tuo Kayu Jao terletak di Joring Kayu Jao, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Sumatera Barat ini berdiri sejak tahun 1599. Masjid yang juga dijadikan sebagai cagar budaya di Sumatera Barat ini sudah beberapa kali mengalami pemugaran. Walaupun demikian, keaslian masjid ini tetap dijaga. Hanya cat yang agak berubah, awalnya bangunan ini bercat putih, kemudian diganti dengan warna coklat kehitaman.

10. Masjid Al-Hilal Katangka (1603)

Masjid Al-Hilal Katangka atau bisa juga disebut sebagai Masjid Katangka ini terletak di Kelurahan Katangka, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Masjid yang dibangun pada tahun 1903 ini konon terbuat dari bahan dasar pohon katangka. Masjid yang dulunya menjadi masjid Kerajaan Gowa ini didirikan di atas lahan seluas 150 meter persegi. Masjid ini ternyata pernah dijadikan benteng pertahanan saat Kerajaan Gowa melawan penjajah.

Masjid-masjid tertua di atas menjadi sebuah simbol keagamaan yang membuktikan bahwa keberadaan agama di Indonnesia menjadi sebuah hal yang sakral. Bagaimana tuanya bangunan tersebut memang hingga kini masih dipertahankan bukan hanya demi kepentingan sejarah, namun juga kepentingan warisan kebendaan dan moral yang Indonesia punya.


Sumber : https://goo.gl/Pg6FK2

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s