Manfaat Mendengarkan Musik Untuk Kesehatan Jiwa dan Raga.

Hidup tanpa musik tuh ibarat hidup tanpa cinta, bagai taman tak berbunga (hayoo dinyanyiin yah?ahahaha). Kita hidup tuh emang gak bisa banget deh lepas dari mantan, eh maksudnya musik lho yah hahaha. Tapi, beneran deh, pernah ngebayangin gak sih kalo hidup kita di bumi ini gak ada musik, jadi apa? Jangan dibayangin deh yah, males! Soalnya, pasti bakal hampa banget kan? Kayak hati kalo gak ada yang ngisi aja, hampanya kebangetan (curhat mulu yah? Hahahaha). Hampir setiap orang di dunia ini mendengarkan musik lho. Lagi galau dengerin musik, di jalan sambil nyetir juga dengerin musik, pokoknya ada aja deh orang yang emang hobinya tuh dengerin musik. Nah, selain menjadi hobi mendengarkan musik itu juga ada manfaat lainnya lho, terutama manfaat buat kesehatan. Pasti kamu baru tau kan, kalo ternyata mendengarkan musik tuh ada manfaat kesehatannya? Nah, YuKepo udah ngerangkumin nih, apa aja manfaatnya. Jadi, mending langsung aja Yuk Kepo!

1. Mencairkan suasana hati

Riset membuktikan lho, bahwa mendengarkan musik yang gembira bisa ngebawa kita ke suasana yang gembira juga. Maka dari itu, mendengarkan musik tuh bisa mendongkrak suasana hati kita yang tadinya mungkin lagi murung banget, eh pas dengerin lagi yang nge-beat dan gembira gitu, bikin suasana hati kita juga bahagia aja bawaannya. Bener gak? “Aku sih yes..”.

2. Bisa membantu penyembuhan juga lho

Nah, penyembuhan di sini tuh penyembuhan dari sakit hati yang terdalam, atau dendam yang kesumat. Nah, itu tuh bisa sembuh lho dengan mendengarkan musik, menurut ilmu pengetahuan sih katanya begitu. Kalo lagi sedih, gak ada salahnya kok kalo kamu mendengarkan musik yang sedih berulang-ulang kali. Soalnya, menurut riset mendengarkan musik sedih tuh bisa menimbulkan emosi yang positif lho. Yuk!

3. Meningkatkan performa kerja

Nah, buat yang kerjanya penuh dengan tekanan dari bos, bisa dicoba nih. Kerja sambil mendengarkan musik. Karena, sebuah riset mengatakan bahwa mendengarkan musik saat bekerja itu dapat meningkatkan performa kerja juga, walaupun penuh dengan tekanan. Tapi ingat, lagunya lagu yang bikin semangat yah. Jangan yang melankolis juga, yang ada bukannya kerja malah bobo cantik hahahaha.

4. Membuat tidur lebih nyenyak

Nah, kalo yang ini dari tahun 2008 udah ada yang melakukan penelitian gitu. Mendengarkan musik sambil tidur tuh bisa menghilangkan insomnia juga lho. Tapi dengerinnya musik-musik klasik gitu. Selain itu, ditemukan juga katanya mendengarkan musik saat tidur itu, bisa bikin kita seperti berada dalam keadaan meditasi gitu. Jadi, nyaman-nyaman gitu, tapi gak ditinggalin kok kalo udah nyaman *ups hahahaha.

5. Jadi motivator buat olahraga juga lho

Nih buat kamu yang sebenernya males banget olahraga, bisa dipakai nih cara ini. Niatin buat jogging atau olahraga itu kamu ubah buat dengerin musik sambil olahraga. Jadi, olahraganya kan jadi semangat karena musik. Betul gak? sip!

6. Menghilangkan rasa cemas yang berlebihan

Tuh, kalo lagi cemas karena pacar gak bales chat kamu seharian, cobain buat dengerin musik. Karena katanya, beberapa penelitian mengatakan bahwa lagu-lagu tertentu bisa mengurangi kecemasan kamu sampai 65%. Lumayan kan yah? Bisa meredakan stress dan depresi juga lho ternyata mendengarkan musik itu.

7. Bisa bernostalgia

Nah kalo yang satu ini kalo kamu tiba-tiba mendengarkan musik lawas atau musik yang udah lama gak kamu dengerin, pasti di otak kamu tuh bakalan ngasih gambaran masa-masa dulu pas kamu dengerin lagu itu. Nah, dengan begitu kamu bernostagia kan? Udah gitu pasti kamu masih hapal deh dengan lagu-lagu lawas yang dulu kamu dengerin. Itu buat ngelatih otak kamu juga lho ternyata! Banyak yah, manfaatnya?


Sumber : https://goo.gl/3oD3qt

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s