Di Nigeria 100 Orang Anak Belajar di Sekolah Terapung


Berbicara tentang sekolah, pasti langsung terbayang bangunan besar, kokoh dan megah. Meski pada kenyataannya masih banyak tempat menuntut ilmu yang kita temui terlihat sederhana dan jauh dari kesan mewah terutama di negara-negara berkembang. Selain itu, faktor kondisi alam dan geografis turut menentukan bentuk bangunan sekolah seperti yang satu ini.

Berada di kawasan Afrika Barat, Nigeria adalah negara dengan ibu kota Abuja. Pemerintah sangat mendorong sektor pendidikan. Terbukti dari biaya pendidikan gratis secara menyeluruh mulai dari tingkat dasar hingga bangku perkuliahan. Di negara ini, diperlukan waktu sekitar 16 tahun untuk mencapai jenjang sarjana muda. Namun tingkat kehadiran siswa masih sangat rendah, hanya berkisar 30 % saja.

Upaya pemerintah untuk memajukan sektor pendidikan tidak dapat dipenuhi terutama karena pendirian luasnya cakupan wilayah bagian yang jumlahnya mencapai 36 buah. Beberapa program non pemerintah pun bermunculan. Salah satunya adalah sekolah unik di Makoko hasil kerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan setempat dan dunia. Memiliki bentuk rumah terapung, bahan terbuat dari kayu dan terdiri dari beberapa lantai, sekolah ini mendapat gelar “The Floating School”. Setidaknya terdapat 100 orang anak menempuh pendidikan di tempat tersebut.

Kondisi ekonomi masyarakat ditopang penuh dari sebuah sungai yang mengalir membelah pemukiman warga bernama Lagos. Terdapat 85.840 ribu jiwa penduduk bermukim dan menetap di Lagos. Berdasarkan alasan tersebut, seorang warga Nigeria pun membangun sekolah di atas air untuk mengantisipasi terjadinya banjir. Bencana alam ini memang kerap terjadi di Makoko. Sang arsitek bernama Kunde Alenemi, bahu membahu membangun sekolah bekerja sama dengan berbagai pihak non government.


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s