Tragedi Bom Kampung Melayu, Inilah Kebiasaan Masyarakat Indonesia Saat Terjadi Kasus Terroris

Seperti yang kita tau, bom bunuh diri meneror Ibu kota Jakarta pada Rabu 24 Mei 2017 kemarin, sekitar pukul 21.00 WIB. Ledakan bom terjadi di terminal Kampung Melayu, Jatinegara, Jakarta Timur, sampai saat ini dapat dipastikan bahwa bom meledak sebanyak dua kali dengan rentang waktu yang berbeda. Kepala Divisi Humas Polri Irjen Setyo Wasisto menuturkan, berdasarkan para saksi yang ada di lokas kejadian, ledakan pertama terjadi pada pukul 21.00 WIB. Ledakan itu memancing salah satu saksi (anggota kepolisan) mendekat ke sumber suara, dan disana sudah tercium bubuk mesiu yang sangat menyengat, menurutnya sudah ada empat orang anggota polisi yang sudah tergeletak di sana.

Tak berselang lama, sekitar lima menit kemudian mulai terdengar suara ledakan bom yang kedua. Ledakan bom yang kedua terjadi sekitar sepuluh meter di lokasi bom yang pertama. Sekitar satu jam kemudian tim Gegana datang untuk mengevakuasi para korban yang terluka yang diakibatkan oleh serangan bom tersebut.

Irjen Setyo Wasisto memastikan akibat dari serangan bom ini, korban keseluruhan mencapai 15 orang, yakni 10 orang dari anggota kepolisian, yang terdiri dari 3 anggota tewas, 6 mengalami luka-luka, dan 1 anggota mengalami trauma, serta 5 orang lagi yang berasal dari warga sipil. Adapun nama-nama dari korban tewas yakni Bripda Topan, Bripda Ridho Setiawan, dan Bripda Imam Gilang. Sedangkan korban luka-luka yakni Bripda M. Al Agung, Bripda Yogi, Bripda M. Fuji, Bripda Pandu Dwi, Bripda Sukron, dan Bripda M. Fauzi yang mengalami trauma, serta 5 orang warga sipil lainnya yakni Damai Sihaloho (sopir mikrolet), Agung (sopir kopaja), Susi Aftriyani (Mahasiswa), Tasdik (Karyawan Bank Mandiri), dan yang terakhir Jihan (Mahasiswa).

Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana ya reaksi orang-orang Indonesia ketika ada bom terjadi. Mungkin kalian tidak akan menyangkanya, karena orang Indonesia adalah orang-orang pemberani dan tidak takut mati. Mau tau faktanya? Ini dia lima fakta kelakukan Indonesia ketika ada bom terjadi.

1. Mendekati TKP (Tempat Kejadian Perkara)

Kalian bisa lihat sendiri dari sekian banyak aksi bom bunuh diri di Indonesia, masyarakat cendurung lebih antusias untuk mengunjungi lokasi kejadian. Tanpa ada rasa takut atau pun ngeri terhadap kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi pasca ledakan bom.

2. Ngumpul di TKP

Orang Indonesia bukan hanya mendekati TKP, biasanya mereka juga ngumpul di lokasi kejadian hingga berduyun-duyun datang dari berbagai tempat lain. Mereka sengaja berkumpul hanya untuk melihat lokasi pemboman, parahnya mereka juga biasanya datang bersama sanak sodara.

3. Jadi fotografer dan videografer dadakan

Ini nih hebatnya orang Indonesia, ketika terjadi aksi bom bunuh diri, disadari atau tidak, warga malah banyak yang menjadi fotografer dan videographer dadakan. Bukan sibuk menyelamatkan diri, mereka malah sibuk mengabadikan momen dan mendokumentasikannya untuk kemudian di-share ke berbagai media sosial.

4. Bikin hastag

Nah kalo udah di-posting ke media sosial, orang-orang Indonesia biasanya membuat sebuah ungkapan dengan menuliskan berbagai hastag hingga menjadi trending topik dunia, seperi #prayforkampungmelayu #SayaTidakTakut dan sebagainya.

5. Menyebar berita hoax

Ini jeleknya orang Indonesia, setelah kejadian bom itu terjadi, beberapa orang yang tidak bertanggung jawab biasanya menyebarkan berita hoax di tengah-tengah masyarakat sehingga memperkeruh keadaan.

Itulah lima kelakuan orang Indonesia yang sering mereka lakukan ketika terjadi terror bom. Hal ini justru menjadi keunikan tersendiri bila dicermati lebih seksama. Namun, hal ini juga harus menjadi perhatian bagi masyarakat agar lebih berhati-hati ketika terjadi teror-teror yang akan mengancam keselamatan kita, karena kita tidak tau kapan mereka akan melakukan aksinya.


Agen Judi Poker Online Aman dan Terpercaya

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s