Bukan Niagara, Air Terjuan Terbesar Dalam Sejarah Yang Pernah Ada

Tahukah Anda, dulu ada air terjun yang lebih tinggi dan lebih lebar dari Niagara. Adalah Dry Falls, air terjun terbesar yang dahulu pernah ada.

Air terjun ini dikonfirmasi menjadi yang terbesar dalam sejarah planet ini. Inilah situs bekas air terjun yang berupa tebing berbentuk tapal kuda.

Tingginya dua kali lebih tinggi dan tiga kali lebih lebar dari Niagara Falls. Menjadikan Dry Falls air terjun terbesar yang pernah ada dalam sejarah. Situs ini dipelihara oleh Sun Lakes-Dry Falls State Park, di mana pengunjung dapat melihat dampak peristiwa geologis yang relatif baru melalui pemandangan ngarai yang indah.

 

Lokasinya berada di pegunungan Cascade di negara bagian Washington, AS. Pegunungan ini membagi AS menjadi dua zona iklim yang sangat berbeda.

Di sebelah barat ada hutan lebat dan berlumut yang berselimut salju, membentang dari Kanada sampai Oregon. Di sebelah timur pegunungan ada padang rumput dengan formasi batu dan semak belukar yang disebut Channeled Scablands.

Sekitar 15.000 tahun yang lalu, sebuah bendungan glasial yang dikenal sebagai Danau Missoula berisi kira-kira setengah dari volume Danau Michigan sekarang.

Seiring berakhirnya zaman es, bendungan pecah dan melepaskan air yang membuat jurang sedalam 201 meter dan ngarai sepanjang 96 kilometer ke dalam basal padat, salah satu jenis batu yang paling sulit ditembus.

Banjir Missoula dari Danau Missoula setelah bendungan es runtuh memberikan perubahan besar terakhir dalam struktur geologi Amerika Serikat. Tanda-tanda pengaruh aliran airnya sendiri bisa dilihat di sepanjang Portland.

Ahli geologi menemukan fakta bahwa ketika bendungan gletser pecah, arus air setinggi 91 meter melaju dengan kecepatan 104 kilometer per jam. Aliran air ini menerjang semua yang ada dan menciptakan ngarai yang ada dalam satu minggu.

Keluar dari Grand Coulee Canyon, aliran air tadi menyapu banyak lapisan basal yang pernah memenuhi ngarai. Bebatuannya sekarang tersebar di Washington dan sebagian Oregon. Aliran air ini juga membentuk Twin Sisters Rock.

Sekitar 100 tahun lalu, manusia mulai berduyun-duyun ke Scablands bahkan Grand Coulee Canyon. Mereka membuat pemukiman kecil di sepanjang danau air tawar yang ada di ngarai. Danau-danau ini adalah sumber air dan tempat rekreasi terbesar di kawasan ini.

Sementara, lembah sungai yang lebih jauh ke hilir sering dimanfaatkan oleh nelayan dan pelaut. Hal yang paling menonjol di Scablands adalah Palouse Falls.

Terletak di Palouse Falls State Park, air terjun setinggi 60 meter dan ngarainya sedalam 114 meter adalah contoh dari kekuatan erosi dari Banjir Missoula. Sungai Palouse ini memiliki bentang alam yang mengesankan.

Wilayah Scablands seluas 9,6 juta hektar dan lebih besar dari negara bagian New Jersey. Namun kurang dari 250.000 hektar yang dilindungi oleh taman nasional.


Agen Judi Poker Online Aman dan Terpercaya

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s