Mitos di Balik Tempat Wisata Dataran Tinggi Dieng

Bagi kamu para penikmat sunrise dan hobi menikmati alam, Dataran Tinggi Dieng di Wonosobo, Jawa Tengah, ini adalah tempat yang pas untuk kamu kunjungi. Dieng memiliki objek wisata dengan pesona alam yang sangat lengkap. Mulai dari pegunungan, bukit, candi bersejarah, hingga danau dengan keindahan yang akan membuat matamu terpesona.

Selain memiliki pesona keindahan yang selalu jadi buronan para traveler. Dieng ini juga memiliki beragam legenda dan mitos yang masih dipercaya kuat oleh warga setempat yang semakin menambah rasa penasaran kamu. Nah, langsung aja nih cek mitos tentang kota wisata yang terkenal dengan mie ongkloknya ini.

 

Kamu tahu sosok Gatot Kaca nggak? Sosok yang legendaris dalam cerita zaman dulu. Gatot kaca yang diketahui sebagai putra keluarga Pandawa dengan kekuatan super. Nah, konon kawah inilah yang menjadikan Gatot Kaca menjadi sosok kesatria yang gagah dengan kekuatan luar biasa. Kawah Candradimuka ini merupakan kawah vulkanik dengan ukuran yang nggak terlalu besar. Gatot Kaca yang sudah terlahir kuat ini kemudian direndam di air kawah yang sangat panas. Herannya Gatot Kaca tidak merasakan sakit sedikitpun bahkan kekuatannya justru semakin bertambah. Sehingga muncul dugaan bahwa kawah ini menjadi sumber kekuatan yang membuat Gatot Kaca semakin hebat dan tak tertandingi. Wah, kalau manusia biasa udah meninggal nih. Jadi, jangan coba-coba ya berendam di sini.

Selain Kawah Candradimuka, Dieng juga memiliki Kawah Sikidang. Kawah ini letaknya nggak jauh dari Candi Arjuna dan juga Telaga Warna yang sangat fenomenal. Kawah Sikidang sendiri berasal dari kata ‘Kidang’ yang memiliki arti kijang. Berdasarkan legenda dulu di kawah ini hidup seorang putri yang sangat cantik bernama Shinta Dewi. Saat ingin menikah, sang putri hanya ingin dipinang oleh pria yang kaya raya dengan mas kawin yang berlimah. Sampai akhirnya ada seorang pangeran yang kaya raya bernama Kidang Garung. Sayangnya, pangeran ini bukanlah manusia seutuhnya. Meskipun bertubuh manusia tapi pangeran ini berkepala kijang sesuai namanya.

Hal tersebut sangat mengejutkan putri Dewi, sehingga ia mencari cara untuk menewaskan pangeran. Kemudian putri meminta satu syarat, yaitu putri meminta dibuatkan sumur dengan ukuran besar dalam kurun waktu semalam saja di kawasan kawah ini. Pangeran pun mencoba menuruti persyaratan sang putri. Namun, sang putri khawatir dan kemudian meminta kepada warga desa untuk mengubur pangeran yang sedang menggali sumur tersbut secara hidup-hidup. Terbentuklah Kawah Sikidang dari legenda tersebut.

Selanjutnya, Dieng memiliki pesona danau yang sangat eksotis yaitu Telaga Warna. Ya, telaga ini sangat indah sekali baik disaksikan dari dekat ataupun dari Bukit Sikunir. Pesonanya akan memanjakan matamu hingga membuat kamu takjub. Namun dibalik eksotisnya telaga yang bisa berubah warna ini memiliki kisah yang tak jauh berbeda dengan mitos Kawah Sikidang.

Dulu, di telaga ini juga dihuni oleh seorang ratu yang memiliki seorang putri yang sangat cantik hingga diperebutkan oleh dua kesatria. Sehingga sang ratu meminta kepada kedua kesatria ini untuk bisa membuatkan telaga, dan siapa yang tercepat maka berhak menikahi putrinya. Ternyata yang berhasil menyelesaikan telaga adalah kesatria pertama yang dikenal dengan Telaga Menjer. Sang putri pun akhirnya menikah dengan kesatria pertama. Namun putri dan ratu ini terpesona dengan keindahan Telaga Pengilon yang dibuat oleh kesatria kedua. Namun tidak ada yang tahu sampai saat ini, apakah putri itu kemudian berpaling hati kepada kesatria kedua karena kehebatannya membuat telaga tersebut.

Indonesia memiliki beragam tempat wisata yang sangat menarik perhatian seperti Dieng. Nah, buat kamu yang belum berkunjung ke sini, coba deh! Dijamin liburan kalian akan sangat bekesan. Selain untuk menjelajah pesona alamnya, kamu bisa mempelajari keragaman budaya dan legenda dari masyarakat setempat yang bisa membuat kamu lebih menghargai kearifan lokal setiap daerah.


Agen Judi Poker Online Aman dan Terpercaya

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s