Kaindahan Jatiluwih Yang Menjadi Target Wisata Obama

Di hari Minggu kemarin, Barack Obama bersama keluarga singgah ke Jatiluwih. Inilah salah satu destinasi wisata di Bali yang sudah mendunia!

Minggu (25/6) agenda liburan Obama bersama keluarga di Bali adalah menuju Jatiluwih di Tabanan. Jatiluwih menampilkan panorama sawah yang indah, punya sistem pertanian dengan Subak yang sudah menjadi warisan budaya UNESCO.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Pariwisata Bali, Anak Agung Gede Yuniartha mengunkapkan kalau Jatiluwih sudah menjadi destinasi dunia. Malah, sudah jadi incaran turis mancanegara jika sedang melancong ke Pulau Dewata.

“Pariwisata Bali adalah pariwisata budaya yang berwawasan pada lingkungan. Jatiluwih ini salah satunya, yang dikembangkan dan banyak dikunjungi wisatawan mancanegara dari seluruh dunia,” ujarnya.

Obama tiba di sana pada pukul 16.00 WITa. Dia mengenakan kaus kerah berwarna biru dengan celana training dan sepatu sneaker. Obama pun treking di Jatiluwih, sambil beberapa kali melambaikan tangan kepada rombongan turis.

Kembali soal Jatiluwih, Agung Gede menjelaskan kalau destinasi ini masuk dalam wilayah Tabanan. Jatiluwih disebutnya sebagai lumbung padi Bali, dengan Subak yang merupakan ciri khasnya.

“Jatiluwih dikunjungi turis karena sawah yang indah serta penataan pengairan (Subak) yang tidak ada di manapun. Persawahan di Jatiluwih merupakan lumbung padi Bali dan juga sebagai destinasi wisata, sehingga ujung-ujungnya untuk kesejahteraan Masyarakat Bali,” paparnya.

“Inilah yang dikembangkan pariwisata Bali seperti agro tourism, eco tourism dan desa wisata,” tambahnya.

Di Jatiluwih, turis dapat bersantai di warung yang terletak di pinggir-pinggir sawahnya dan melihat kehidupan para petani dari dekat. Hamparan terasering persawahan yang hijau, udara yang bersih, suasana yang tenang, menjadikan tempat ini digemari oleh wisatawan. Plus berada di dataran tinggi Gunung Batukaru, menjadikan tempat ini sangat sejuk.

Sistem pengairan di Jatiluwih menggunakan sistem Subak, yaitu pengelolaan saluran air untuk mengairi sawah yang dilakukan secara berorganisasi. Sistem ini pun ternyata telah digunakan sejak berabad-abad silam. Subak sarat akan kekeluargaan dan sikap gotong royong. Subak pun membuat para petani untuk adil dan bersikap bijaksana dalam pengairan sawah. Dari situlah, UNESCO menetapkannya sebagai warisan budaya.


Agen Judi Poker Online Aman dan Terpercaya

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s