Serasa di Bali, Pantai Ngobaran Yogyakarta

Mengunjungi Yogyakarta rasanya belum lengkap kalau nggak mampir menilik pesona Pantai Selatan Jawa yang membentang di wilayah Kabupaten Gunungkidul. Ada belasan pantai yang bisa kamu kunjungi dan masing-masing punya pesona tersendiri. Umumnya, orang-orang yang pernah berwisata pantai di Gunungkidul sering mendengar nama-nama pantai berikut: Pantai Sepanjang, Pantai Indrayanti, Pantai Baron, Pantai Sadranan, dan Pantai Kukup. Tapi, di antara pantai-pantai yang sudah santer terdengar namanya tersebut, ada satu pantai yang pesonanya nggak kalah menarik, yaitu Pantai Ngobaran. Pantai ini berbeda dan tampak unik jika dibandingkan dengan pantai lain di Yogya karena ada pura di pantai ini.

Pantai Ngobaran terletak di Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari Kabupaten Gunungkidul, sekitar 27 kilometer dari pusat kota Wonosari dan 40 kilometer tenggara Yogyakarta. Pantai ini berdekatan dengan Pantai Ngrenehan, hanya berjarak sekitar 800 meter. Untuk sampai kesana kamu bisa bisa melewati rute Yogya – Prambanan – Piyungan – Patuk – Sambipitu – Gading (Lapangan AAU) – Pertigaan Gading, ambil arah kanan ke Playen – Paliyan – Trowono – Kanigoro – Pantai Ngobaran.

Meskipun jalan kesananya agak berliku dan mungkin sulit dilewati pada beberapa titik, semua itu akan terbayar ketika kamu sudah sampai di sana. Lagipula, kalau kamu merasa tersesat kamu bisa bertanya ke rumah warga terdekat. Tenang, orang Yogya ramah kok. Mereka pasti dengan senang hati akan membantu menunjukkan arah jalan menuju ke pantai. Jangan lupa tanyakan mana utara dan selatan kalau kamu nggak mau bingung untuk yang kedua kali.

Sampai di Pantai Ngobaran, kamu akan disambut oleh pasir putih yang pastinya memanjakan kakimu setelah berjam-jam menempuh perjalanan. Deretan perbukitan membentang memisahkan pantai satu dengan yang lainnya. Bersisian dengan Pantai Ngobaran, kamu juga dapat menemukan pantai kecil bernama Nguyahan. Cukup dengan berjalan kaki sejauh kira-kira 50-100 meter aja udah sampai, kok. Sekali jalan, dua pantai terlampaui.

Nah yang paling menarik nih, di Pantai Ngobaran ini kamu akan menemukan sebuah pesona budaya yang langka banget, bahkan hanya satu-satunya di deretan pantai Gunungkidul, yaitu pura. Tempat peribadatan umat Hindu ini masih dipakai dan ramai pada acara atau hari perayaan tertentu yang berkaitan dengan umat Hindu. Di sini juga ada bangunan putih seperti pura yang ternyata digunakan untuk tempat beribadah penganut kepercayaan kejawan. Bukan kejawen lho, ya. Kejawan dibawa oleh Raden Brawijaya V dari Kerajaan Majapahit. Selain bisa mengeksplor sisi budayanya, tentu kamu bisa berfoto di spot yang paling instagrammable ini. Fotonya di Yogya, tapi serasa di Uluwatu ya!

Sudah puas berfoto di pura, untuk kamu yang berjiwa petualang boleh banget nih mendaki bukit yang ada di bagian barat Pantai Ngobaran. Melewati jalan kecil berliku yang nggak jarang dipenuhi batu kerikil tajam nggak akan terasa apa-apa ketika kamu sampai di puncak bukit dan menyaksikan keindahan Pantai Ngobaran juga Pantai Nguyahan dari ketinggian. Terbayar banget deh perjuangannya. Lagi, kamu bisa berfoto dengan latar belakang laut dari ketinggian. Tapi hati-hati, ya. Jangan sampai selfie membahayakan atau bahkan menghilangkan nyawamu. Tertarik berlibur ke sana ketika libur Lebaran nanti?


Agen Judi Poker Online Aman dan Terpercaya

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s