Kajian Pemerintah Untuk Perpindahan Ibu Kota

Pemerintahan saat ini sedang serius dalam mgerjakan rencana pemindahan Ibu Kota. Kajiannyapun ditargetkan bisa rampung di tahun 2017 ini.

Menteri PPN/ Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, menjelaskan pemerintahan segera mungkin menyelesaikan kajian rencana perpindahan Ibu Kota supaya realisasinya juga bisa segera berjalan.

“Kajiannya mudah-mudahan tahun ini selesai, termasuk estimasi pendanaan, semoga kita juga bisa menemukan skema perndanaannya, sehingga tahun 2018-2019 sudah bisa di mulai kegian terkait dengan pemindahan pusat administrasi pemerintahan” ungkap Bambang.

Bambang menjelaskan bahwa pemerintah saat ini masih melihat beberapa aspek terkait dengan rencana perpindahan Ibu Kota dari Jakarta ke daerah luar Pulau Jawa. Saat ini pemerintah masih mengkaji untuk menentukan lokasi yang paling sesuai.

Bambang menjelaskan, saat ini pulau Kalimantan yang di nilai paling potensial untuk menjadi Ibu Kota baru menggantukan Jakarta. Akan tetapi, dirinya masih belum menentukan dimana tepatnya Ibu Kota baru itu akan berdiri.

“Kemungkinan besar di Pulau Kalimantan, tapi spesifikasi dimana Kalimantannya itu masih kita kaji untuk kita finalkan” jelasnya.

Selain masalah lokasi. Bambang juga mengatakan saat ini [emerintah masih mencari skema pendanaan yang paling tepat, sementara pemerintah tidak mau membebani APBN.

Karena sebab itu, Bambang mengatakan, saat ini pemerintah berencana untuk mendoro skema Public Privat Partneship (PPP), yakni dengan mengajak pihak swasta untuk bisa ikut berpartisipasi dalam pendanaan.

“Kita akan mendorong model PPP, yang artinya partisipasi swasta juga kita libatkan. Ketiga kita juga lihat aspek tata kotanya sendiri, kita akan buat seperti apa tata kotanya. Mungkin butuh 3-4 tahun untuk menyelesaikan seluruh infrastruktur dasar maupun gedung-gedung pemerintah” ujarnya.


Agen Judi Poker Online Aman dan Terpercaya

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s