Destinasi Wisata Lombok, Danau Segara Anak dan Mengenal Mitosnya.

Indonesia memiliki beragam pesona alam yang tak akan pernah mengecewakanmu saat kamu mengunjunginya. Lombok merupakan salah satu destinasi yang wajib kamu coba. Selain memiliki pesona pantai yang indah, Lombok memiliki beberapa keindahan alam yang menantang seperti Gunung Rinjani. Gunung Rinjani ini selain diminati oleh wisatawan lokal ternyata juga menarik perhatian wisatawan luar negeri.

Nah, menikmati panorama dari ketinggian puncak Rinjani mungkin menjadi idaman bagi para traveler. Namun, selain mencapai puncak, ternyata ada pesona lain dari Rinjani yaitu Danau Segara Anak. Danau ini hanya berjarak 5 km dari puncak gunung. Selain indah, Danau Segara Anak juga menyimpan mitos yang penuh misteri. Berikut ini ulasannya.

Danau Segara Anak ini memang dipercaya sebagai kawasan yang kental dengan aura mistis dan sakral. Konon, danau ini juga merupakan tempat perkumpulan para jin. Oleh karena itu suku Sasak sebagai penduduk asli Lombok sering melakukan upacara seperti upacara Wetu Telu. Upacara ini dilakukan sebagai penghormatan kepada Dewi Anjani. Dewi Anjani dipercaya sebagai ratu penunggu kawasan Gunung Rinjani.

Kemudian ada pula upacara khusus yaitu upacara pekelem, kata pekelem sendiri memiliki arti menenggelamkan sesajen ke dalam air laut atau danau. Upacara ini dilakukan untuk menjaga keharmonisan alam yang dilakukan oleh umat Hindu baik dari Lombok, Bali, Jawa, dan luar pulau Lombok lainnya. Sebagian warga juga menjadikan upacara ini untuk mencuci benda pusaka mereka agar tetap sakti. Beberapa upacara ini juga bisa disaksikan oleh para traveler. Jadi, bukan hanya bisa menikmati keindahan alamnya saja, tapi juga wisata budaya dan religi dari Lombok.

Danau ini ternyata juga memiliki mata air belerang yang digunakan oleh masyarakat setempat dalam upacara pekelem, seperti yang telah dijelaskan pada paragraf sebelumnya. Selain memiliki mata air belarang, di sana terdapat Gua Susu yang berjarak sekitar 1 km dari Danau Segara Anak. Gua Susu merupakan salah satu gua eksotis dari Rinjani dengan langit-langit cantik berwarna putih seperti susu. Namun ternyata tempat ini merupakan tempat bersemedi oleh orang-orang tertentu. Yup, alasan untuk orang tertentu karena nggak sembarangan orang yang bisa bersemedi di tempat ini. Konon, bila orang yang bersemedi di dalam gua ini dan memiliki niat jahat maka orang tersebut akan meninggal.

Mitos yang terakhir yang sangat dipercaya oleh masyarakat setempat yang membuat para wisatawan penasaran adalah cerminan penglihatanmu tentang danau ini. Konon, siapapun yang melihat danau ini menjadi hamparan danau yang sangat luas maka orang tersebut dipercaya akan berumur panjang. Sebaliknya bila orang melihat danau ini sempit maka umurnya tidak lama lagi.

Nah, itu dia beberapa mitos tentang danau eksotis dari Gunung Rinjani. Kamu boleh percaya ataupun nggak, karena memang beragam mitos yang beredar di Tanah Air ini tak pernah bisa dihapuskan meskipun terkesan tak masuk akal. Namun di balik itu semua, mitos ini konon merupakan nasihat dari para leluhur agar kita semua senantiasa menjaga alam semesta.


Agen Judi Poker Online Aman dan Terpercaya

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s