Yogyakarta, Pengguna Narkoba Terbanyak di Indonesia

adan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengungkapkan pengguna narkoba di Yogyakarta menempati posisi pertama di Indonesia. Rata-rata pengguna narkoba adalah golongan pelajar serta mahasiswa. Sementara pengedar narkoba adalahresidivis yang mendekam di Lapas.

“Jumlah penduduk di DIY ada 3,6 juta orang. Sebanyak 2,6 persen diantaranya positif pengguna narkoba” jelas Kepala Bidang Pemberantasan Narkoba BNNP DIY AKBP Mujiyana kepada wartawan, Kamis (6/7/2017).

Menurutnya BNN meyakini masih banyak para pemain lama baik residivis, maupun yang saat ini masih mendekam di lapas ikut mengendalikan dan mengatur jalur peredaran narkoba di DIY.

Mujiyana mengucapkan bahwa Yogyakarta tercatat menempati peringkat pertama pengguna narkoba, setelah Badan Narkotika Nasional (BNN) dengan Universitas Indonesia melakukan penelitian pada akhir 2016 kemarin. DIY menempati urutan pertama di atas Jakarta serta Surabaya.

“Pemakai narkoba didominasi para pelajar dan mahasiswa, berupa sabu-sabu dan ganja yang paling banyak dikonsumsi” ujarnya.

Mujiyana menduga penyebab membeludaknya jumlah pemakai narkoba di Yogyakarta dikarenakan banyak mahasiswa/pelajar kurang mendapatkan perhatian dari kedua orangtuanya. Sementara rata-rata mahasiswa yang belajar di Yogyakarta adalah masyarakat kalangan mampu.

“Ya kemungkinan karena kurang perhatian orangtua” ujarnya.

Dia menjelaskan berbagai jenis narkoba ini diedarkan melalui daerah pinggiran DIY. Setelah narkoba berhasil didatangkan di Jakarta, barang tersebut disimpan di daerah luar DIY seperti Kebumen, Klaten, atau Wonosobo sebelum diedarkan di Yogyakarta.

“Para pengedar lebih suka menyimpan narkoba di wilayah pinggiran seperti Klaten” jelasnya.

Sementara model transaksi di wilayah ini lebih banyak mengedarkan dalam bentuk peket kecil. Barang haram tersebut diedarkan di jalanan, setelah ada kesepakatan transaksi.


Agen Judi Poker Online Aman dan Terpercaya

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s