Ini Alasan Presiden Ingin Palangkaraya Gantikan Jakarta Jadi Ibu Kota Negara

Akhir-akhir ini di media massa ramai membahas tentang pemindahan Ibu Kota Negara Republik Indonesia. Palangkaraya, salah satu kota besar yang berada di Kalimantan Tengah menjadi target rencananya. Sebenarnya wacana serupa tidak hanya terlontar dari masa kepemimpinan Presidan Jokowi saja. Jauh sebelumnya, Presiden Soekarno sudah lebih dulu menginginkan Kota Palangkaraya menjadi Ibu Kota Republik Indonesia. Bukan hanya Presiden Soekarno dan Presiden Joko Widodo yang merencanakan pemindahan ibu kota negara tersebut. Pasalnya, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memiliki rencana yang sama.

Sepertinya wacana yang sudah terlontarkan oleh kedua presiden sebelumnya sedang dikaji kembali oleh Presiden Jokowi. Namun untuk memindahkan ibu kota negara memang bukan pekerjaan mudah. Dibutuhkan pengkajian secara mendalam mengenai sebab serta akibat dalam pemindahan tersebut. Selain itu juga harus di pertimbangkan tentang kesiapan daerah setempat untuk menjadi ibu kota negara.

Untuk itu, Presiden Jokowi sudah mengutus Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) atau Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro, untuk mengkaji lebih dalam. Selain itu Kepala Bappenas sudah bertemu dengan Gubernur Kalimantan Tengah, Sugianto Sabran, demi meninjau perkembangan daerah tersebut. Nampaknya, Sugianto memaparkan bahwa Kalimantan Tengah siap menjadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia.

Pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Palangkaraya tentunya menunjuk pada beberapa alasan. Alasan pertama karena Jakarta saat ini sudah terlampau padat. Hal tersebut dibuktikan dengan kemacetan yang setiap hari terus dialami. Terutama, akibat kepadatan Kota Jakarta mengakibatkan semakin menurunnya permukaan tanah. Sebagai pusat ekonomi dan pemerintahan negara tentunya memang sudah pasti menjadi suatu daya tarik tersendiri bagi para pendatang. Hal yang masih mungkin terjadi adalah dipindahkannya pusat pemerintahan, sedangkan pusat ekonomi bergantungpermintaan pasar. Hal positif lainnya ketika pusat pemerintahan dipindahkan akan menyebabkan tumbuhnya pusat ekonomi baru.

Pulau Kalimantan yang tidak rawan gempa menjadi alasan selanjutnya dalam pemindahan ibu kota. Hal itu dikarenakan letak Kalimantan yang jauh dari posisi tubrukan lempengan sebagai penyebab gempa. Letak Kalimantan yang da di tengah menjadi salah satu pulau yang paling aman dari serangan eksternal. Rasanya pemilihan Kota Palangkaraya sudah hampir tepat.

Menurut kajian awal dalam pemilihan ibu kota negara yang baru memang harus keluar dari Pulau Jawa. Seperti yang kita ketahui bahwa Jawa memang sudah menjadi pulau dengan populasi terpadat di Indonesia. Hal tersebut juga dijelaskan oleh Bambang Brodjonegoro yang menilai bahwa Ibu Kota Negara Republik Indonesia harus berada di luar Pulau Jawa. Sedangkan ketentuan lainnya yang wajib dimiliki oleh calon ibu kota adalah kemungkinan terjadinya bencana alam yang minim dan banyaknya ketersediaan tanah milik pemerintah yang berstatus free and clear tidak repot lagi mengurus pembebasan tanah.

Salah satu alasan paling penting dalam hal proses pemindahan ibu kota negara ini adalah biaya yang diperlukan akan sangan besar. Mangingat hal tersebut Presiden Jokowi sudah berpesan kepada Kepala Bappenas agar jangan sampai memberatkan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN). Kareha hal tersebut, Kepala Bappenas, Bambang Brodjonegoro tengah mencari sistem pembayaran dengan melibatkan sektor swasta. Pembangunan Palangkaraya ini harus melibatkan private sector agar pemerintah mampu membangun infrastruktur dengan dukungan swasta.

Itulah tadi beberapa alasan kenapa Kota Palangkaraya sejauh ini dinilai lebih cocok untuk menjadi Ibu Kota Negara Republik Indonesia. Memang sudah saatnya pertumbuhan ekonomi bukan lagi terjadi di Pulau Jawa terutama Jakarta. Dengan dipindahkannya ibu kota negara ini, harapannya adalah agar dapat amemacu daerah tersebut untuk lebih maju dan berkembang.


Agen Judi Poker Online Aman dan Terpercaya

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s