Ingin Mendaftar CPNS 2017? Pahami Dulu 5 Istilah Pendaftaran CPNS Ini

Kabar gembira datang untukmu yang sedang menunggu bukaan lowongan CPNS tahun 2017. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui websitenya telah mengeluarkan pengumuman resmi bahwa pendaftaran CPNS akan dibuka mulai tanggal 1 Agustus 2017. Tentunya, akan ada ribuan orang yang diprediksi mendaftarkan diri dengan harapan bisa lolos menjadi CPNS.

Jika kamu adalah salah satu di antaranya, persiapkan diri mulai sekarang. Tak hanya sekedar mempelajari banyak hal untuk materi tes nanti, tapi juga cari tahu dengan banyaknya istilah yang akan ditemui. Hipwee akan membantu menguraikan kesulitanmu terhadap singkatan-singkatan yang mungkin saja ditemui dalam proses mendaftarkan diri pada bukaan lowongan CPNS kali ini. Semoga membantu, ya!

1. ASN (Aparatur Sipil Negara)

Jika kamu lolos seleksi menjadi PNS dan telah diberikan Surat Keputusan (SK) setelah sebelumnya mengikuti program pra-jabatan, kamu termasuk menjadi ASN. Aparatur Sipil Negara adalah profesi bagi Pegawai Negeri Sipil dan pegawai pemerintah. Pegawai ASN terdiri dari Pegawai Negeri Sipil dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja yang diangkat oleh pejabat pembina kepegawaian dan diserahi tugas dalam suatu jabatan pemerintahan atau diserahi tugas negara lainnya dan digaji berdasarkan peraturan perundang-undangan.

2. CAT (Computer Assisted Test)

Sistem Computer Assisted Test (CAT) adalah metode seleksi menggunakan software dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Hal ini penting untuk mewujudkan profesionalisme Pegawai Negeri Sipil.

3. Panselnas (Panitia Seleksi Nasional)

Panselnas CPNS atau Panitia Seleksi Nasional Pengadaan CPNS adalah panitia yang dibentuk oleh Menteri (dalam hal ini Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi) dalam rangka menjamin objektifitas pengadaan CPNS secara nasional. Panselnas diketuai oleh Kepala BKN (Badan Kepegawaian Negara).

Apa saja sih tugas dari Panselnas?

  • mendesain sistem seleksi pengadaan PNS;
  • menyusun soal seleksi kompetensi dasar;
  • merekomendasikan kepada Menteri tentang ambang batas kelulusan seleksi kompetensi dasar untuk setiap Instansi Pemerintah;
  • melaksanakan seleksi kompetensi dasar bersama-sama dengan Instansi Pemerintah;
    mengolah hasil seleksi kompetensi dasar;
  • mengawasi pelaksanaan seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang;
  • menetapkan dan menyampaikan hasil seleksi kompetensi dasar dan mengintegrasikan hasil seleksi kompetensi dasar dan seleksi kompetensi bidang;
  • mengevaluasi dan mengembangkan sistem pengadaan PNS.

4. SKD (Seleksi Kompetensi Dasar)

Seleksi Kompetensi Dasar adalah seleksi yang diselenggarakan untuk mengukur kemampuan dasar yang diperlukan mereka yang akan memangku jabatan sebagai Pegawai Negeri Sipil. Tes kompetensi dasar dilakukan dengan metode CAT (Computer Assisted Test). Tahapan dan jenis seleksi CPNS pada tiap kementerian dan lembaga berbeda-beda, yang sama hanyalah pada tahap Seleksi Kompetensi Dasar ini.

Sedangkan materi yang diujikan dalam Seleksi Kompetensi Dasar adalah;

  • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
  • Tes Intelegensi Umum (TIU)
  • Tes Karakteristik Pribadi (TKP)

5. SKB (Seleksi Kompetensi Bidang)

Seleksi Kompetensi Bidang merupakan salah satu tahap seleksi yang bertujuan untuk mengukur kemampuan peserta tes dalam bidang formasi/Kementerian yang dilamarnya. Seleksi Kompetensi Bidang akan berbeda tergantung pada masing masing Kementerian/Lembaga, yang mana pembuatan soalnya diserahkan kepada Kementerian dan Lembaga terkait. Kementerian Pendidikan, Kesehatan, Agama, dan Hukum adalah beberapa Kementerian yang melakukan SKB pada proses tes CPNS.

Meski kamu bersaing dengan ribuan orang dalam memperebutkan formasi yang ditawarkan, jangan menyerah ya. Persiapkan segalanya dengan baik karena hasil tidak ada yang menghianati usaha. Semoga beruntung!


Agen Judi Poker Online Aman dan Terpercaya

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s